web analytics

Home

BERITA

  • 22 August 2017
  • 2809 Views

Pemerintah Tetapkan Iduladha Jatuh Pada 1 September 2017

Jumpa Pers Sidang Isbat Awal Zulhijah 1438 H (Foto: Humas Kemenag)

Jumpa Pers Sidang Isbat Awal Zulhijah 1438 H (Foto: Humas Kemenag)

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal Zulhijah 1438 H jatuh pada hari Rabu, 23 Agustus 2017. Dengan penetapan ini, maka Iduladha jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017.

Penetapan ini diambil setelah dilakukan sidang isbat yang diawali dengan pemantauan hilal di beberapa tempat di wilayah Indonesia, Selasa (22/8), bertepatan 29 Zulkaidah 1438 H di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jl. MH Thamrin, Jakarta.

  • 22 August 2017
  • 5251 Views

Tidak Dilarang, BKN: Anggota TNI/Polri Yang Berminat Isi JPT Wajib Ikut Seleksi Terbuka

Pelantikan JPT di salah satu instansi pemerintah

Pelantikan JPT di Sekretariat Kabinet, beberapa waktu lalu

Badan Kepegawaian Negara (BKN) meluruskan pemberitaan yang seolah-olah ada ketentuan yang melarang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) untuk menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) atau setara eselon I dan II di birokrasi Pemerintahan.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan, bahwa setiap anggota TNI/POLRI yang ingin menduduki JPT (baik pratama maupun madya/eselon I-II) di birokrasi Pemerintah harus mengikuti seleksi terbuka sesuai dengan syarat/ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

  • 22 August 2017
  • 4971 Views

Hadirkan 72 Ikon Berprestasi, UKP PIP Gelar Seni Pancasila Gemilang

Para Ikon Pestasi Indonesia yang tampil dalam Pagelaran Seni Pancasila Gemilang, di JCC, Jakarta, Selatan (22/8) pagi. (Foto: OJI/Humas)

Para Ikon Pestasi Indonesia yang tampil dalam Pagelaran Seni Pancasila Gemilang, di JCC, Jakarta, Selatan (22/8) pagi. (Foto: OJI/Humas)

Sebagai puncak acara Festival Prestasi Indonesia, Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila  (UKP PIP) menyelenggarakan Pagelaran Seni Pancasila Gemilang, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (22/8) pagi.

Dalam Pagelaran Senin Pancasila Gemilang yang dengan diskusi bersama ikon-ikon prestasi ini tampil 72 ikon prestasi penggerak sosial di masyarakat, di antaranya Tiara Savitri (Pendiri Yayasan Lupus Indonesia), Lynna Chandra (Pendiri Rumah Rachel), Muhammad Gunawan/ Kang Ogun (Cancer Survivor), dan Sabar Gorky (Pendaki dengan disabilitas).

  • 22 August 2017
  • 5221 Views

Jangan Kalah Sama ‘Haters’, Seskab Minta Jajaran Pemerintah Proaktif Berkomunikasi

Seskab Pramono Anung saat tampil pada FGD) “Tantangan dan Pendekatan Komunikasi Publik di Era Digital”, di Bandung, Selasa (22/8) pagi. (Foto: Edi N./Humas)

Seskab Pramono Anung saat tampil pada FGD) “Tantangan dan Pendekatan Komunikasi Publik di Era Digital”, di Bandung, Selasa (22/8) pagi. (Foto: Edi N./Humas)

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, bahwa kita hidup dalam era digital. Sehingga diperlukan kehati-hatian dan memahami semua masalah dengan baik. Ia mengingatkan, yang namanya era digital itu selalu menimbulkan atau meniggalkan jejak, sampah, yang bisa dilacak setiap saat.

“Era ini merubah landscape kita. Proses interaksi bisa dilakukan kapan saja. Anak-anak bisa mendapatkan informasi dengan bebas dari berbagai media, bisa dari youtube, facebook, twitter dll,” ungkap Pramono saat tampil dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Tantangan dan Pendekatan Komunikasi Publik di Era Digital”, di Hotel Holiday Inn, Bandung, Selasa (22/8) pagi.

  • 22 August 2017
  • 5770 Views

HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Mensesneg: Masih Ada Satu Acara ‘Surprise’ Yang Belum Diumumkan

Mensesneg Pratikno didampingi Duta Arsip Indonesia Rieke Diah Pitaloka melihat salah satu koleksi yang ditampilkan dalam pameran arsip "Sukarno: Besar Bersama Rakyat", di Aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (22/8) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Mensesneg Pratikno didampingi Duta Arsip Indonesia Rieke Diah Pitaloka melihat salah satu koleksi yang ditampilkan dalam pameran arsip “Sukarno: Besar Bersama Rakyat”, di Aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (22/8) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Setelah sejumlah rangkaian acara digelar, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, masih ada satu acara yang surprise dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI yang belum diumumkan.

“Beberapa hari ke depan ada karnaval di Bandung. Terus masih ada satu lagi acara yang suprise belumkita umumkan,” ungkap Pratikno saat memberikan sambutan pada acara pembukaan pameran arsip bertemakan “Sukarno: Besar Bersama Rakyat”, yang digelar di Aula Serbaguna Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (22/8) pagi.

  • 22 August 2017
  • 6517 Views

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017: Penetapan Hasil Pemilihan Umum (3-habis)

TPS-1Pasal 413 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2017 menyebutkan, KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 35 (tiga putuh lima) hari setelah hari pemungutan suara.

Adapun KPU Provinsi menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD provinsi paling lambat 25 (dua puluh lima) hari setelah hari pemungutan suara, dan KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten.kota paling lambat 20 (dua puluh) hari setelah hari pemungutan suara.

  • 22 August 2017
  • 6996 Views

Inilah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (2)

TPSUndang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2017, terdiri atas 573 pasal, penjelasan, dan 4 lampiran. UU ini telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly pada 16 Agustus 2017.

Dalam UU ini telah ditetapkan, bahwa jumlah kursi anggota DPR sebanyak 575 (lima ratus tujuh puluh lima), dimana daerah pemilihan anggota DPR adalah provinsi, kabupaten/kota, atau gabungan kabupaten/ kota, dan jumlah kursi setiap daerah pemilihan anggota DPR paling sedikit 3 (tiga) kursi dan paling banyak 10 (sepuluh) kursi.

  • 22 August 2017
  • 9087 Views

Inilah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (1)

PemiluSetelah disetujui Rapat Paripurna DPR-Ri pada 21 Juli 2017 dinihari, Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2017 lalu telah mengesahkan Undang-Undang Nomor (UU) 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). UU ini terdiri atas 573 pasal, penjelasan, dan 4 lampiran.

Ditegaskan dalam UU ini, Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Dan dalam menyelenggarakan pemilu, penyelenggara pemilu harus melaksanakan Pemilu berdasarkan pada -asas sebagaimana dimaksud, dan penyelenggaraannya harus memenuhi prinsip: a. mandiri; b. jujur; c. adil; d. berkepastian hukum; e. tertib; f. terbuka;  g. proporsional; h. profesional; i. akuntabel; j. efektif; dan k. efisien.

  • 21 August 2017
  • 11733 Views

Sebut Pembiayaan Makin Sehat, Menkeu: Tidak Bisa Mendadak ‘Rem’ Utang

Sri MulyaniMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai, defisit sebesar Rp325,936 miliar atau 2,19 persen pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2018 menggambarkan keingan untuk menciptakan APBN yang semakin sehat. Namun fungsi stabilisasi, alokasi, dan distribusi masih bisa dijalankan penuh.

Turunnya defisit anggaran ini (dibandingkan 2,67 persen pada 2017 dan 2,49 persen pada 2016), lanjut Menkeu, juga menunjukkan upaya untuk menyelesaikan persoalan utang dan keseimbangan primer, agar tidak lagi terlalu membebani APBN.

  • 21 August 2017
  • 11513 Views

Bahas Peningkatan Perdagangan, Presiden Jokowi Terima Kunjungan Wakil PM Uzbekistan

Presiden Jokowi didampingi Menlu dan Mensesneg menerima Wakil PM Uzbekistan Zoyir Mirzaev dan delegasi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/8) siang. (Foto: JAY/Humas)

Presiden Jokowi didampingi Menlu dan Mensesneg menerima Wakil PM Uzbekistan Zoyir Mirzaev dan delegasi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/8) siang. (Foto: JAY/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri (PM) Uzbekistan Zoyir Mirzaev yang didampingi sejumlah delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/8) siang.

Menlu Retno Marsudi dalam keterengannya kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi mengatakan, karena Wakil Perdana Menteri Uzbekistan itu juga menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Perikanan, maka kerjasama di dua bidang ini dapat dijadikan salah satu prioritas bagi kerja sama antara Indonesia dan Uzbekistan.

ARTIKEL

PERATURAN

  • PRORAKYAT
  • PERATURAN
  • NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • INTERNASIONAL
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN