web analytics

Home

BERITA

  • 28 March 2015
  • 1138 Views

Sofyan Djalil Optimistis Kenaikan Harga BBM Tidak Akan Berpengaruh Pada Inflasi

Menko Perekonomian Sofyan Djalil memberikan keterangan terkait kenaikan harga BBM, di Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam

Menko Perekonomian Sofyan Djalil memberikan keterangan terkait kenaikan harga BBM, di Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam

Menko Perekonomian Sofyan Djalil menyampaikan optimismenya kenaikan harga BBM jenis Premium dari Rp 6.800 menjadi Rp 7.300 per liter dan Solar dari Rp 6.400 menjadi Rp 6.900 per liter tidak akan berpengaruh banyak terhadap inflasi.

Kepada wartawan yang mencegatnya saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan di Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam, Sofyan menjelaskan, bahwa nantinya setiap dua bulan sekali akan dilakukan review harga BBM sesuai dengan harga keekonomian, sehingga harga bisa sewaktu-waktu naik, bisa juga turun.

  • 28 March 2015
  • 1210 Views

Bertemu PM Belanda Mark Rutte, Presiden Jokowi Bicarakan ‘Giant Sea Wall’ Dan Ekspor Ke Eropa

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Belanda Mark Rutte, di Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Belanda Mark Rutte, di Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam

Hanya beberapa saat setibanya di Hotel MGM Grand Sanya Hotel, Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte.

Kepada wartawan yang menuggunya, Presiden Jokowi mengatakan, bahwa pertemuannya dengan PM Belanda Mark Rutte membicarakan kerjasama kedua negara di bidang water management dan pembangunan infrastruktur, terutama pelabuhan akan terus dilanjutkan untuk lokasi-lokasi dan tempat lain di Indonesia.

“Untuk pembangunan Giant Sea Wall, saya tadi minta untuk dilanjutkan perencanaannya, sehingga nanti bisa dikonkretkan dalam sebuah pelaksanaan pembangunan,” jelas Presiden Jokowi kepada wartawan di MGM Grand Sanya Hotel, Jumat (27/3) malam.

  • 27 March 2015
  • 2192 Views

Berlaku Mulai Sabtu, Harga Premium Jadi Rp 7.300/L, Solar Rp 6.900/L

spbu-750x422Dengan pertimbangan demi menjaga menjaga kestabilan perekonomian nasional serta untuk menjamin penyediaan BBM Nasional, Pemerintah memutuskan bahwa terhitung mulai Sabtu (28/3) pukul 00.00 WIB menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Bensin Premium RON 88 dan minyak solar.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiraatmaja, dalam siaran persnya Jumat (27/3) malam mengumumkan, per tanggal 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB, WIB harga BBM jenis Bensin Premium RON 88 di Wilayah Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali dan jenis Minyak Solar Subsidi perlu mengalami kenaikan harga, masing-masing sebesar  Rp. 500/liter.

  • 27 March 2015
  • 2564 Views

Tiba di Hainan, Presiden Jokowi Bersiap Jadi Pembicara Kunci Pada Boao Forum Asia

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Hotel Grand Sanya, Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam, untuk menghadiri Boao Forum, Sabtu (28/3) pagi

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Hotel Grand Sanya, Hainan, RRT, Jumat (27/3) malam, untuk menghadiri Boao Forum, Sabtu (28/3) pagi

Melanjutkan rangkaian kunjungan kenegaraannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana, tiba di Bandar Udara Internasional Sanya Phoenix, kota Sanya, Provinsi Hainan, Jumat (27/3) pukul 19.25 waktu setempat.

Kedatangan Presiden RI di Bandara Saya Phoenix disambut oleh Gubernur Hainan Liu Cigui, Konsul Jendral RI di Guangzhou Ratu Silvy Gayatri, dan Atase Darat KBRI Beijing Kol.Inf. Heru Setyo Paripurnawan beserta istri.

Setelah itu, Presiden beserta rombongan bertolak ke MGM Grand Sanya Hotel untuk bermalam, disambut oleh General Manager MGM Grand Sanya Hotel David Ying dan Konjen RI di Hongkong Chalief Akbar.

  • 27 March 2015
  • 3509 Views

Akhiri Kunjungan di Beijing, Presiden Jokowi Bertemu 400 Pengusaha RI – RRT

Presiden Menyampaikan Paparan di Forum Kerjasama Ekonomi Indonesia Tiongkok (27/3)

Presiden Menyampaikan Paparan di Forum Kerjasama Ekonomi Indonesia Tiongkok (27/3)

Rangkaian kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jumat (27/3) ini, diakhiri dengan penampilan dirinya bersama Perdana Menteri (PM) RRT Li Keqiang dalam Forum Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Tiongkok, di Balai Agung Rakyat.

“Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan rencana-rencana kerjasama karena peluang yang ada baik pembangunan pembangkit listrik, pembangunan jalan tol, pembangunan pelabuhan, pembangunan airport dan pembangunan infrastruktur-infrastruktur yang lain yang ada di Indonesia akan segera dimulai pada tahun ini,” kata Presiden Jokowi sebelum memulai Presentasinya.

  • 27 March 2015
  • 4076 Views

BNP2TKI Buka Pendaftaran Perawat Dan Perawat Orang Jompo ke Jepang

perawat di jepangBadan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membuka pendaftaran calon TKI untuk jabatan nurse (perawat), dan careworker (perawat orang jompo) ke Jepang. Program G to G ini untuk penempatan tahun 2016.

Sehubungan dengan pelaksanaan penempatan calon TKI  nurse ( kangoshi)  dan calon TKI careworker (kaigofukushishi)  ke Jepang Program Government to Government (G to G) dalam kerangka Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) untuk penempatan tahun 2016 itu,  Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah    Haryadi Agah menyebutkan waktu pendaftaran calon TKI nurse (kangoshi) dan calon TKI careworker (kaigofukushishi) pada tanggal 2 Maret – 3 Juni 2015.

  • 27 March 2015
  • 4088 Views

Bertemu PM Li Keqiang, Presiden Jokowi Undang Investor RRT Masuk Infrastruktur Pelabuhan

Presiden Jokowi bertemu PM RRT Lee Keqiang, di Beijing, Jumat (27/3)

Presiden Jokowi bertemu PM RRT Li Keqiang, di Beijing, Jumat (27/3)

Pada hari ketiga kunjungannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jumat (27/3), serangkaian agenda telah dijalani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta para rombongan.

Kegiatan pertama yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara adalah  mengunjungi Monumen Pahlawan Rakyat, di Tiananmen Square, Beijing. Di sini, Presiden meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang berjasa mendirikan negara RRT.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan menemui Parlemen Tiongkok, yang diterima langsung oleh Ketua National Peoples Congress (NPC) Republik Rakyat Tiongkok, Zhang Dejiang, di ruang Reception Room Great Hall of The People atau Balai Agung Rakyat, Beijing.

BERITA TERPOPULER

  • 5 January 2015
  • 327341 Views

Catatan Tentang Inflasi 2014

Seorang pedagang beras menjaga tokonya,  di Pasar Senen, Jakarta, Rabu  (22/7).Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2 Januari 2015 melaporkan, bahwa selama Desember 2014 terjadi inflasi sebesar 2,46 persen, lebih besar dibandingkan bulan sebelumnya (1,5 persen). Dengan demikian, inflasi tahun kalender (Januari-Desember 2014) mencapai 8,36 persen.

Nilai inflasi bulan Desember itu meleset dari target yang telah ditetapkan dalam APBN-P 2014 sebesar 5,3 persen. Besarnya nilai inflasi tersebut disebabkan oleh peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada seluruh kelompok pengeluaran, dengan penyumbang terbesar berasal dari kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1,06 persen.

  • 9 January 2015
  • 296473 Views

“Mengubah dan Membawa KPK ke Era dan Paradigma Baru” (Bagian I) (Visi dan Misi Saya sebagai Calon Pimpinan KPK)

Oleh: Roby Arya Brata, Staf Sekretariat KabinetSebagaimana sudah saya paparkan di depan Komisi III DPR, jika Allah SWT menakdirkan saya menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saya akan mengubah dan membawa KPK pada era baru dengan paradigma baru (institutional reform). Saya akan membuat dan mengubah KPK menjadi lebih efektif dan memiliki reputasi internasional karena menerapkan strategi-strategi pencegahan dan penindakan antikorupsi yang memenuhi standar-standar internasional, lebih beradab dan menghormati hak asasi manusia/HAM,  dan (lebih) menegakkan rule of law/due process of law.Visi tersebut saya rumuskan berdasarkan hasil kajian akademik dan kritik saya terhadap kekeliruan dan kelemahan strategi KPK (dan Pemerintah) dalam pemberantasan korupsi selama ini. Sebagian besar pemikiran ini sebenarnya sudah pernah saya sampaikan dalam buku dan tulisan-tulisan saya, bahkan jauh sebelum saya mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Jadi visi misi saya itu dirumuskan bukan (semata-mata) agar didukung DPR dan Pemerintah.Indikasi kegagalan atau kurang efektifnya strategi tersebut dapat diukur dari tidak tercapainya misi dan tujuan-tujuan kebijakan pemberantasan korupsi KPK (dan Pemerintah). Sejauh ini pencapaian target-target indikator kebijakan reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi jangka menengah (2010 – 2014) yang ditetapkan sendiri oleh Pemerintah dan KPK dalam road map dan rencana strategis tidak tercapai atau kurang memuaskan. Skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang
  • 8 January 2015
  • 296315 Views

Agar Dana Desa Terkawal

Oleh: Siko Dian Sigit Wiyanto, pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI

KadesDesa seakan terlupakan dari pembangunan selama ini. Tidak heran jika banyak penduduk desa mencari pekerjaan di kota besar yang ekonominya jauh lebih berkembang. Akibatnya, kemajuan desa tidak begitu signifikan, bahkan diantaranya cenderung mengalami kemunduran. Hal inilah sebenarnya merupakan cikal bakal berbagai masalah di kota-kota tujuan urbanisasi, mulai dari kemacetan, tata kota yang semrawut, kepadatan penduduk, hingga tingkat kriminalitas yang tinggi. Disparitas pertumbuhan ekonomi antara desa dan kota sangat besar. Penjelasan motivasi penduduk desa melakukan urbanisasi adalah pertumbuhan tenaga kerja di desa tidak menambah output desa. Sebagai gambaran sederhana, penambahan satu tenaga kerja tidak menambah satu kilogram beras.

Dana desa sudah dianggarkan pada tahun anggaran 2015. Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, jumlah alokasi dana desa nasional adalah Rp 9,01 triliun. Sebagian kalangan mengatakan ini merupakan kebijakan politis. Pasalnya pada periode pemerintahan sebelumnya, ada berbagai program dari masyakarat yang berbasis desa seperti Program Pengembangan Kecamatan (PPK) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM). Namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya.

  • 2 February 2015
  • 237706 Views

Dibuka, Beasiswa ‘Full Cost’ Bagi 3100 Sarjana

Beasiswa S2Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan membuka kesempatan bagi  3.100 sarjana untuk menerima  beasiswa S2 dan S3, baik di universitas dalam negeri maupun 200 universitas terbaik dunia untuk tahun 2015.

Pemerintah menanggung seluruh biaya pendaftaran, SPP, non SPP seperti tunjangan buku, tesis/disertasi, biaya kedatangan, visa, tunjangan keluarga, biaya hidup hingga biaya keadaan darurat.

ARTIKEL

PERATURAN

  • PRORAKYAT
  • PERATURAN
  • NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • INTERNASIONAL
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN

    SUARA RAKYAT

    Suara Rakyat 9

    Pada masa Presiden SBY, pendapatan per kapita meningkat 300% lebih, dari Rp 10,54 juta (2004) menjadi Rp 36,5 juta (2013).(9949)


    Suara Rakyat 8

    Pertumbuhan ekonomi rata-rata hampir 6%, tertinggi kedua di dunia pada 2012 dan tertinggi kedua di antara negara-negara G-20 pada tahun 2013. (9949)


    Suara Rakyat 7

    Selama Pemerintahan SBY, telah dikucurkan Kredit Usaha Rakyat Rp 137,69 triliun bagi 10,03 juta pelaku UMKM.


    Suara Rakyat 6

    Pak SBY, tetap doa mohon "petunjuk, rahmat, karunia" dalam menjalankan roda Pemerintahan serta diberikan sehat, tenang, selaras dan semangat, amin, kami mendukung bapak.


    Suara Rakyat-5

    RI juara

    harland
    Suara Rakyat 4

    Selamat atas terpilihnya Bapak Jokowi sebagai presiden RI ke-7

    Harland
    Suara Rakyat 1

    Pak SBY, Pak tolong guru honor Daerah di Padang Lawas Utara yang sudah lama mengabdi yang masuk dalam K1 tapi belum di angkat jadi PNS sebanyak 81 orang. (08137630xxxx)

    Suara Rakyat 1
    nn
    Suara Rakyat 2

    Selama Presiden SBY, angka kemiskinan turun dari 16,7 (2004) menjadi 11,37% (2013) dan pengangguran dari 9,9% (2004) menjadi 6,25% (2013). (08128241xxxx)

    Suara Rakyat 2
    nn
    Suara Rakyat 3

    Pada masa Presiden SBY, pendapatan per kapita meningkat 300% lebih, dari Rp 10,54 juta (2004) menjadi Rp 36,5 juta (2013).(9949)

    Suara Rakyat 3
    hh

    Read More Testimonials »