web analytics

Home

BERITA

  • 30 March 2015
  • 1110 Views

Pemerintah Siapkan Pesawat TNI AU Untuk Evakuasi 4.000 WNI Dari Yaman

Menlu Retno L.P. Marsudi

Menlu Retno L.P. Marsudi

Terkait dengan situasi yang semakin memburuk di Yaman, menyusul operasi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi, Pemerintah Republik Indonesia telah menyiapkan pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) untuk melakukan evakuasi terhadap sekitar 4.000 WNI yang tinggal di negara tersebut.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi mengemukakan, sejak 1 Maret lalu, sudah dilakukan evakuasi secara bertahap terhadap WNI yang berada di Yaman, dan sampai saat ini sudah 148 WNI yang berhasil dievakuasi.

“Namun, karena terjadi perubahan yang sangat drastis dalam waktu 1,2 hari ini, ada beberapa rencana evakuasi sudah kita persiapkan semuanya,” kata Retno kepada wartawan yang mencegatnya seusai mengikuti sidang kabinet paripurna, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3) sore.

  • 30 March 2015
  • 1077 Views

Digelar di Jakarta 20 April, 650 Peserta Sudah Mendaftar Ikuti World Economic Forum

Menko Perekonomian Sofyan Djalil

Menko Perekonomian Sofyan Djalil

Sebanyak 650 peserta yang berasal dari 35 negara telah menyampaikan konfirmasinya untuk mengikuti World Economic Forum (WEF), yang akan digelar di Jakarta, pada Senin (20/4) mendatang.

“Sejauh ini partisipasi sangat tinggi, paling sedikit sampai hari ini sudah mendaftar 650 peserta dari 35 negara yang akan datang di World Economic Forum,” kata Menko Perekonomian Sofyan Djalil seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketua World Economic Forum Dr. Philipp Rösler, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3).

  • 30 March 2015
  • 1590 Views

Dekati Lebaran, Presiden Jokowi Minta Para Menteri Pantau Harga Bahan Pokok

Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Sidang Kabinet Paripurna, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3)

Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Sidang Kabinet Paripurna, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3)

Meskipun haga beras sudah berada pada posisi normal Presiden Republik Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada jajarannya untuk terus memantau pergerakan harga bahan pokok lainnya, terutama beras dan gula.

“Saya ingin agar situasi harga itu dipantau dari hari ke hari, tidak hanya urusan beras, karena ini juga mendekati lebaran, juga urusan-urusan yang berkaitan dengan gula,” kata Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna, yang diselenggarakan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3) siang.

Sidang Kabinet Paripurna itu membahas mengenai Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok, Situasi Terkini Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, dan tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Jepang.

  • 30 March 2015
  • 1725 Views

Dipimpin Menko Perekonomian, Sejumlah Menteri Serahkan SPT PPh 2014

Menko Perekonomian Sofyan Djalil bersama para menteri yang menyerahkan SPT PPh pribadi 2014, di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (30/3)

Menko Perekonomian Sofyan Djalil bersama para menteri yang menyerahkan SPT PPh pribadi 2014, di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (30/3)

Sejumlah menteri Kabinet Kerja dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Senin (30/3) pagi,  menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Orang Pribadi tahun 2014 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

“Ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat, semua harus jadi pembayar pajak yang baik,” kata Sofyan saat memberikan sambutan dalam seremoni yang juga dihadiri Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito itu.

Menurut Sofyan, saat ini masih banyak wajib pajak yang belum memenuhi kewajiban perpajakan. Ia berharap tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak di masa mendatang makin membaik.

  • 30 March 2015
  • 2676 Views

Pemerintah Segera Cairkan Dana Desa, Jateng Penerima Terbanyak Rp 2,23 Triliun

uang rupiahPemerintah dalam waktu dekat akan segera mencarikan Dana Desa yang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun 2015 dialokasikan sebesar Rp 20,766 triliun. Informasi ini disampaikanDirektorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2015, pemerintah pemerintah telah mengalokasikan dana transfer ke daerah  sebesar Rp664,6 triliun.

  • 30 March 2015
  • 3032 Views

Ada Anggaran Subsidi Rp 212,104 Miliar di APBN-P 2015, Subsidi Energi Rp 137,824 Miliar

SPBUDalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2015 tentang  Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2015, yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 6 Maret 2015, terdapat anggaran Program Pengolahan Subsidi sebesar Rp 212,104 miliar.

“Anggaran untuk Program Pengolahan Subsidi sebagaimana dimaksud digunakan secara tepat sasaran,” bunyi Pasal 13 Ayat (2) Undang-Undang tersebut.

Sementara di ayat berikutnya disebutkan, anggaran untuk subsidi dapat disesuaikan dengan kebutuhan realisasi pada tahun anggaran berjalan berdasarkan perubahan parameter dan/atau realisasi harga minyak mentah (ICP) dan/atau nilai tukar rupiah.

  • 30 March 2015
  • 3423 Views

KBRI Bantah Mesir Tangkap Mahasiswa Indonesia

KBRI KairoKedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo membantah isu yang tersebar di kalangan warga negara Indonesia (WNI) dan media sosial bahwa aparat keamanan Mesir telah menangkap beberapa mahasiswa Indonesia saat razia.

“Sampai saat ini belum ada laporan ada WNI yang ditahan”, kata Koordinator Fungsi Protokol dan Konsul KBRI Kairo, Nugroho Yuwono Aribhimo
di Kairo, Minggu (29/3).

BERITA TERPOPULER

  • 5 January 2015
  • 342608 Views

Catatan Tentang Inflasi 2014

Seorang pedagang beras menjaga tokonya,  di Pasar Senen, Jakarta, Rabu  (22/7).Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2 Januari 2015 melaporkan, bahwa selama Desember 2014 terjadi inflasi sebesar 2,46 persen, lebih besar dibandingkan bulan sebelumnya (1,5 persen). Dengan demikian, inflasi tahun kalender (Januari-Desember 2014) mencapai 8,36 persen.

Nilai inflasi bulan Desember itu meleset dari target yang telah ditetapkan dalam APBN-P 2014 sebesar 5,3 persen. Besarnya nilai inflasi tersebut disebabkan oleh peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada seluruh kelompok pengeluaran, dengan penyumbang terbesar berasal dari kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1,06 persen.

  • 9 January 2015
  • 310544 Views

“Mengubah dan Membawa KPK ke Era dan Paradigma Baru” (Bagian I) (Visi dan Misi Saya sebagai Calon Pimpinan KPK)

Oleh: Roby Arya Brata, Staf Sekretariat KabinetSebagaimana sudah saya paparkan di depan Komisi III DPR, jika Allah SWT menakdirkan saya menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saya akan mengubah dan membawa KPK pada era baru dengan paradigma baru (institutional reform). Saya akan membuat dan mengubah KPK menjadi lebih efektif dan memiliki reputasi internasional karena menerapkan strategi-strategi pencegahan dan penindakan antikorupsi yang memenuhi standar-standar internasional, lebih beradab dan menghormati hak asasi manusia/HAM,  dan (lebih) menegakkan rule of law/due process of law.Visi tersebut saya rumuskan berdasarkan hasil kajian akademik dan kritik saya terhadap kekeliruan dan kelemahan strategi KPK (dan Pemerintah) dalam pemberantasan korupsi selama ini. Sebagian besar pemikiran ini sebenarnya sudah pernah saya sampaikan dalam buku dan tulisan-tulisan saya, bahkan jauh sebelum saya mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Jadi visi misi saya itu dirumuskan bukan (semata-mata) agar didukung DPR dan Pemerintah.Indikasi kegagalan atau kurang efektifnya strategi tersebut dapat diukur dari tidak tercapainya misi dan tujuan-tujuan kebijakan pemberantasan korupsi KPK (dan Pemerintah). Sejauh ini pencapaian target-target indikator kebijakan reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi jangka menengah (2010 – 2014) yang ditetapkan sendiri oleh Pemerintah dan KPK dalam road map dan rencana strategis tidak tercapai atau kurang memuaskan. Skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang
  • 8 January 2015
  • 310375 Views

Agar Dana Desa Terkawal

Oleh: Siko Dian Sigit Wiyanto, pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI

KadesDesa seakan terlupakan dari pembangunan selama ini. Tidak heran jika banyak penduduk desa mencari pekerjaan di kota besar yang ekonominya jauh lebih berkembang. Akibatnya, kemajuan desa tidak begitu signifikan, bahkan diantaranya cenderung mengalami kemunduran. Hal inilah sebenarnya merupakan cikal bakal berbagai masalah di kota-kota tujuan urbanisasi, mulai dari kemacetan, tata kota yang semrawut, kepadatan penduduk, hingga tingkat kriminalitas yang tinggi. Disparitas pertumbuhan ekonomi antara desa dan kota sangat besar. Penjelasan motivasi penduduk desa melakukan urbanisasi adalah pertumbuhan tenaga kerja di desa tidak menambah output desa. Sebagai gambaran sederhana, penambahan satu tenaga kerja tidak menambah satu kilogram beras.

Dana desa sudah dianggarkan pada tahun anggaran 2015. Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, jumlah alokasi dana desa nasional adalah Rp 9,01 triliun. Sebagian kalangan mengatakan ini merupakan kebijakan politis. Pasalnya pada periode pemerintahan sebelumnya, ada berbagai program dari masyakarat yang berbasis desa seperti Program Pengembangan Kecamatan (PPK) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM). Namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya.

  • 2 February 2015
  • 248172 Views

Dibuka, Beasiswa ‘Full Cost’ Bagi 3100 Sarjana

Beasiswa S2Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan membuka kesempatan bagi  3.100 sarjana untuk menerima  beasiswa S2 dan S3, baik di universitas dalam negeri maupun 200 universitas terbaik dunia untuk tahun 2015.

Pemerintah menanggung seluruh biaya pendaftaran, SPP, non SPP seperti tunjangan buku, tesis/disertasi, biaya kedatangan, visa, tunjangan keluarga, biaya hidup hingga biaya keadaan darurat.

ARTIKEL

PERATURAN

  • PRORAKYAT
  • PERATURAN
  • NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • INTERNASIONAL
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN

    SUARA RAKYAT

    Suara Rakyat 9

    Pada masa Presiden SBY, pendapatan per kapita meningkat 300% lebih, dari Rp 10,54 juta (2004) menjadi Rp 36,5 juta (2013).(9949)


    Suara Rakyat 8

    Pertumbuhan ekonomi rata-rata hampir 6%, tertinggi kedua di dunia pada 2012 dan tertinggi kedua di antara negara-negara G-20 pada tahun 2013. (9949)


    Suara Rakyat 7

    Selama Pemerintahan SBY, telah dikucurkan Kredit Usaha Rakyat Rp 137,69 triliun bagi 10,03 juta pelaku UMKM.


    Suara Rakyat 6

    Pak SBY, tetap doa mohon "petunjuk, rahmat, karunia" dalam menjalankan roda Pemerintahan serta diberikan sehat, tenang, selaras dan semangat, amin, kami mendukung bapak.


    Suara Rakyat-5

    RI juara

    harland
    Suara Rakyat 4

    Selamat atas terpilihnya Bapak Jokowi sebagai presiden RI ke-7

    Harland
    Suara Rakyat 1

    Pak SBY, Pak tolong guru honor Daerah di Padang Lawas Utara yang sudah lama mengabdi yang masuk dalam K1 tapi belum di angkat jadi PNS sebanyak 81 orang. (08137630xxxx)

    Suara Rakyat 1
    nn
    Suara Rakyat 2

    Selama Presiden SBY, angka kemiskinan turun dari 16,7 (2004) menjadi 11,37% (2013) dan pengangguran dari 9,9% (2004) menjadi 6,25% (2013). (08128241xxxx)

    Suara Rakyat 2
    nn
    Suara Rakyat 3

    Pada masa Presiden SBY, pendapatan per kapita meningkat 300% lebih, dari Rp 10,54 juta (2004) menjadi Rp 36,5 juta (2013).(9949)

    Suara Rakyat 3
    hh

    Read More Testimonials »