web analytics

Home

BERITA

  • 22 July 2016
  • 23194 Views

Presiden Jokowi: Perbanyak Jaksa Jujur, Berantas Jaksa Yang Hambat Penegakan Hukum

Jaksa Agung Prasetyo pada upacara Hari Adyaksa ke-56, di halaman kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (22/7) pagi. (Foto: Humas Kejakgung)

Jaksa Agung Prasetyo pada upacara Hari Adyaksa ke-56, di halaman kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (22/7) pagi. (Foto: Humas Kejakgung)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, jaksa adalah salah satu pilar penegak hukum yang utama. Karena itu, Kejaksaan perlu meraih kepercayaan publik dengan memperbanyak jaksa yang jujur dan profesional.

“Itulah sosok jaksa idaman kita semua. Teruskan perubahan, berantas jaksa yang menghambat terwujudnya penegakan hukum dan keadilan,” kata Presiden Jokowi melalui akun instagram yang diunggahnya beberapa saat lalu. Pesan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam menyambut Hari Bhakti Adyaksa ke-56, Jumat (22/7) ini.

  • 22 July 2016
  • 27343 Views

Anggaran Rp 22 M, Pemerintah Segera Bangun Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia di Depok

Wapres Jusuf Kalla memimpin rapat membahas pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia, di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (21/7)

Wapres Jusuf Kalla memimpin rapat membahas pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia, di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (21/7)

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), pemeriantah akan membangun kampus universitas tersebut di Cimanggis, Depok, Jabar, dengan luas lahan sekitar 142 hektar. Diharapkan, pada tahun 2018, kampus UIII tersebut sudah beroperasi dan berjalan dengan baik.

“Tanah aset negara yang dimiliki oleh Radio Republik Indonesia (RRI) tersebut, dinilai ideal dan strategis karena relatif dekat dengan Jakarta dan adanya akses jalan tol menuju lokasi,” kata Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla saat memimpin rapat yang membahas tentang pendirian UIII di kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Kamis, (21/7).

  • 22 July 2016
  • 21056 Views

Direncanakan 43 Tahun Lalu, Pemerintah Realisasikan Proyek Penyediaan Air Minum Umbulan, Jatim

Menko Perekonomian Darmin Nasution didampingi Menteri PUPR dan Wakil Menkeu menyaksikan penandatanganan Proyek Kerjasama Umbulan, Jarim, di Jakarta, Kamis (21/7)

Menko Perekonomian Darmin Nasution didampingi Menteri PUPR dan Wakil Menkeu menyaksikan penandatanganan Proyek Kerjasama Umbulan, Jarim, di Jakarta, Kamis (21/7)

Setelah sempat direncanakan selama 43 tahun, pemerintah segera merealisasikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Pasuruan, Jawa Timur. Komitmen realisasi tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Umbulan antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT Meta Adhyta Tirta Umbulan, di Jakarta, Kamis (21/7).

Penandatanganan Kerjasama Proyek KPBU SPAM Umbulan dilakukan antara Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) Proyek KPBU SPAM Umbulan dengan Direktur PT Meta Adhya Tirta Umbulan, Yusirin, dan disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

  • 22 July 2016
  • 19686 Views

Semester I/2016: Realisasi Pendapatan Negara 35,5%, Realisasi Belanja Negara 41,5%

RupiahHingga semester I Tahun 2016, pendapatan negara telah mencapai Rp634.677,2 miliar atau 35,5 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2016. Realisasi tersebut lebih rendah sebesar Rp33.249,2 miliar dari realisasi pada semester I tahun 2015 sebesar Rp667.926,4 miliar atau 37,9 persen dari targetnya dalam APBNP tahun 2015.

“Kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi domestik yang belum optimal, tren perlambatan ekonomi global yang berdampak terhadap rendahnya aktivitas ekspor dan impor, rendahnya harga minyak mentah dunia, penurunan permintaan dari negara maju, dan rendahnya harga komoditas dunia terutama batubara,” jelas Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro saat menyampaikan laporan pelaksanaan APBN Semester I Tahun 2016 kepada pimpinan Badan Anggaran DPR-RI, Rabu (20/7) lalu.

  • 21 July 2016
  • 49408 Views

Presiden Jokowi: Kita Cari Rejeki di Indonesia, Tidak Pantas Tempatkan Uang di Luar Negeri

Presiden Jokowi saat sosialisasi UU Pengampunan Pajak di Medan (21/7). (Foto: Humas/Jay).

Presiden Jokowi saat sosialisasi UU Pengampunan Pajak di Medan (21/7). (Foto: Humas/Jay).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, semua negara saat ini bersaing untuk mendatangkan arus uang masuk, padahal kita memiliki uang uang itu.

“Bukan uang siapa-siapa, itu uang kita. Ada yang ditaruh di bawah bantal. Saya tahu, ada yang ditaruh di bank Swiss, ada yang ditaruh di Hongkong, ada yang ditaruh di BPI, ada yg ditaruh di Singapura. Datanya ada di kantong saya,” kata Presiden Jokowi dalam sosialisasi Tax Amnesty atau Pengampunan Pajak, di Hotel Santika, Medan, Sumatera Utara, Kamis (21/7) petang.

  • 21 July 2016
  • 23862 Views

Hadapi Persaingan, Presiden Jokowi Dorong Koperasi Saling Bergabung

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69 Tahun 2016, di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7) siang. (Foto:BPMI/Laily)

Presiden Jokowi menyampaikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69, di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7) siang. (Foto:BPMI/Laily)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali mengenai persaingan global. Ia mengatakan, persaingan yang saat ini terjadi tidak lagi dalam skala kecil, namun sudah dalam skala besar seperti antarnegara dan wilayah.

“Saya ingin mengingatkan betul, agar kita sadar betul bahwa kita sudah masuk kepada persaingan global. Bukan antarindividu, bukan antarkabupaten, bukan antarprovinsi, tetapi sudah antarnegara. Belum nanti persaingan antarkawasan dengan blok-blok perdagangannya,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69 Tahun 2016, di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7) siang.

  • 21 July 2016
  • 28016 Views

Resmikan Bandara Sultan Thaha, Presiden Jokowi Minta Bandara-Bandara Kecil Juga Dibangun

Presiden Jokowi saat mencoba Bandara Sultan Thaha di Jambi (21/7). (Foto: BPMI/Laily)

Presiden Jokowi saat mencoba Bandara Sultan Thaha di Jambi (21/7). (Foto: BPMI/Laily)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan perluasan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Thaha, Jambi, Kamis (21/7) siang. Bandara yang diresmikan ini merupakan perluasan bandara sebelumnya, yang kini memiliki luas terminal 35.000 m2, dan luas lahan parkir 26.500 m2 dengan kapasitas 436 mobil dan 415 motor.

Pembangunan Terminal Penumpang dan Fasilitas Parkir Bandara Sultan Thaha yang baru itu menelan biaya sesuai nilai kontrak sebesar Rp126 miliar, pembangunan apron Rp110 miliar, pembangunan tower dan gedung operasi Rp16 miliar, dan pembangunan fasilitas pokok serta penunjang lainnya Rp67 miliar.

  • 21 July 2016
  • 23406 Views

Evaluasi RB, Staf Ahli Seskab: Mudah-mudahan Kami Jadi Lebih Baik Dalam Mendukung Presiden

Staf Ahli Seskab Bidang Reformasi Birokrasi (RB) dan Perwakilan Kementerian PAN dan RB bertukar laporan di Lantai 4 Gedung III Kemensetneg, Jakarta (21/7). (Foto: Humas/Oji)

Sahli Seskab Bidang RB dan Perwakilan Kementerian PANRB bertukar laporan di Gedung III Kemensetneg  (21/7). (Foto: Humas/Oji)

Tim Evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengunjungi kantor Sekretariat Kabinet (Setkab), di Jakarta, Kamis (21/7) pagi, guna melakukan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan Sistem Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kedatangan Tim Evaluasi Kementerian PANRB itu, disambut baik oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi Sekretaris Kabinet (Seskab) Drs. Raso, M.Si beserta jajaran pejabat eselon I, II, dan III di lingkungan Sekretariat Kabinet.

  • 21 July 2016
  • 24616 Views

Kementerian Keuangan Sebut Penyerapan Anggaran di 30 K/L Masuk Kategori Rendah

RupiahKementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengklasifikasikan ke dalam 3 (tiga) kelompok penyerapan anggaran tahun anggaran 2016, di masing-masing Kementerian dan Lembaga (K/L) berdasarkan persentase penyerapan, yaitu: a. kelompok yang penyerapan anggarannya tinggi; b. kelompok yang penyerapan anggarannya sedang; dan c. kelompok yang penyerapan anggarannya rendah.

Dalam buku “Laporan Pemerintah Tentang Pelaksanaan APBN Semester I Tahun 2016” yang telah diserahkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro kepada pimpinan Badan Anggaran DPR-RI, Rabu (20/7) disebutkan, sebanyak 41 K/L masuk kelompok penyerapan anggaran tinggi yaitu 34,2% ke atas; 16 K/L memiliki daya serap sedang (27,5% – 34,2%); dan 30 K/L memiliki daya serap rendah (kurang dari 27,5%).

  • 21 July 2016
  • 27762 Views

Ke Jambi dan Medan, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara dan Sosialisasikan ‘Tax Amnesty’

Bandara JambiPresiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (21/6) ini melakukan kunjungan kerja ke kota Jambi, Provinsi Jambi, dan kota Medan, Sumatera Utara, untuk meresmikan Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Thaha dan melakukan sosialisasi pengampunan pajak (tax amnesty).

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran persnya Kamis (21/6) pagi mengemukakan, sebelum berkunjung ke Medan, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu meresmikan Bandara Internasional Sultan Thaha, Jambi. Ia menyebutkan, bandara ini merupakan pilot project bagi pengembangan bandara-bandara kecil lainnya oleh pemerintah.

ARTIKEL

PERATURAN

  • PRORAKYAT
  • PERATURAN
  • NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • INTERNASIONAL
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN