web analytics

Home

BERITA

  • 28 September 2016
  • 4615 Views

Masyarakat Sambut ‘Tax Amnesty’, Presiden Jokowi: Ini Momentum Perbaikan Sistem Perpajakan

Presiden Jokowi berbincang dengan petugas pelayanan pajak saat sidang di kantor Pajak, Jakarta, Rabu (28/9) pagi. (Foto: Cahyo/BPMI Setpres)

Presiden Jokowi berbincang dengan petugas pelayanan pajak saat sidak di kantor Pajak, Jakarta, Rabu (28/9) pagi. (Foto: Cahyo/BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, besarnya  animo masyarakat terhadap kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty merupakan momentum untuk memperbaiki sistem perpajakan di Indonesia.

“Dengan antusiasme seperti ini ada antre dari pagi jam 3, jam 4, ini baik. Ini momentum yang baik untuk meningkatkan tax base kita,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan amnesti pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Jakarta di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Rabu (28/9) pagi.

  • 28 September 2016
  • 3398 Views

Mulai Desember 2016, Pemerintah Salurkan Kembali Dana Alokasi Umum Yang Tertunda

UangSetelah memberikan isyarat penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp 10,345 triliun, pemerintah kembali memberikan angin segar bagi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menginformasikan, bahwa pemerintah akan menyalurkan kembali sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) 169 daerah yang sempat tertunda beberapa waktu lalu.

“(Penyaluran DAU) akan lunas dalam dua tahap. Pembayaran akan dilakukan pada Desember 2016, dan akan dilunasi seluruhnya pada Januari 2017,” kata  Sri Mulyani saat menjadi pembicara dalam Forum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Aula Sekretariat APKASI, Jakarta, Selasa (27/9).

  • 28 September 2016
  • 2645 Views

Biro SDM dan Ortala Setkab Gelar Sosialisasi Kesehatan Mata

Para pegawai Setkab melakukan tes kesehatan mata saat Sosialisasi Kesehatan Mata, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Rabu (28/9) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Para pegawai Setkab melakukan tes kesehatan mata saat Sosialisasi Kesehatan Mata, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Rabu (28/9) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana (SDM dan Ortala) Sekretariat Kabinet (Setkab) bekerjasama dengan Vio Optimal Clinic menyelenggarakan Sosialisasi Kesehatan Mata di lingkungan Sekretariat Kabinet di Aula lantai 1 Gedung III Kemensetneg, Rabu (28/9) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana Ratih Mayangsari menyampaikan bahwa mata adalah merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi kita semua. Bahkan, cukup vital yang sangat berarti buat kita semua.

  • 28 September 2016
  • 4208 Views

Sebagian ABK Filipina Ber-KTP Bitung, Pemerintah Berhasil Tangkap 8 Kapal Ikan Ilegal

Kapal BitungKapal Pengawas Perikanan (KP) di bawah kendali Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah berhasil menangkap 8 (delapan) kapal ikan yang diduga melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) di perairan laut Sulawesi.

“Penangkapan tersebut dilakukan oleh KP  Hiu Macan Tutul 306 dan KP Hiu Macan 401,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (28/9).

  • 28 September 2016
  • 5281 Views

Uang Tebusan ‘Tax Amnesty’ Capai Rp 42,2 Triliun, Deputi KSP: Sangat Signifikan Amankan APBN-P

Tax-AmnestyHingga pekan ketiga September 2016 ini, jumlah uang tebusan yang dihimpun dari program pengampunan pajak atau tax amnesty telah mencapai Rp 42,2 triliun, total deklarasi harta yang disampaikan peserta program Amnesti Pajak sebesar Rp 1.770 triliun dengan rincian Rp 1.198 triliun dana di dalam negeri, Rp 480 triliun dana di luar negeri, serta dana repatriasi Rp 92,6 triliun. Jumlah peserta program Amnesti Pajak saat ini sudah melewati angka 140 ribu Wajib Pajak.

“Angka (tebusan) itu setara 6,21 persen penerimaan Pajak Penghasilan tahun lalu atau sama dengan belanja subsidi listrik 22,8 juta pelanggan 450 VA dalam setahun,” kata Denni dalam diskusi yang digelar KSP bersama media, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (26/9) lalu.

  • 28 September 2016
  • 4889 Views

5 Petahana Maju, Mendagri Pastikan Semua Gubernur Peserta Pilkada Serentak 2017 Telah Ajukan Cuti

tjahjo1Walaupun masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan bahwa seluruh gubernur yang mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 serentak mendatang telah mengajukan surat cuti.

“Semua sudah, walaupun kami masih menunggu bagaimana keputusan MK atas gugatan gubernur DKI, tapi undang-undang mensyaratkan pada saat yang bersangkutan pencalonannya nanti diterima oleh KPU, dia harus mengajukan cuti sampai selesainya Pilkada,” kata Tjahjo di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa, (27/9).

  • 27 September 2016
  • 7441 Views

Tidak Jalan Sendiri-sendiri, Diusulkan Ada ‘Nation Brand’ Yang Menunjukkan Produk Indonesia

Menpar Arief Yahya memberikan penjelasan kepada wartawan usai ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) sore. (Foto: Humas/Jay)

Menpar Arief Yahya memberikan penjelasan kepada wartawan usai ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) sore. (Foto: Humas/Agung)

Meski belum menghasilkan keputusan mengenai nation brand yang bisa mewakili citra positif Indonesia, Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) sore, mengusulkan untuk menyamakan logo dan slogan untuk promosi sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi Indonesia.

“Kita punya dua, ‘remarkable Indonesia’ dan ‘wonderful Indonesia’, diusulkan logonya disamakan atau bentuk hurufnya, dan tetap menggunakan logo burung garuda dengan lima warna yang ada di ‘wonderful Indonesia’,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada wartawan usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) petang.

  • 27 September 2016
  • 11533 Views

Presiden Jokowi Dorong Deregulasi Besar-besaran Untuk Kembangkan Industri E-Commerce

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas tentang "Pengembangan Ekonomi Digital", di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) sore. (Foto: JAY/Humas)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin Rapat Terbatas tentang Pengembangan Ekonomi Digital, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) sore. (Foto: Humas/Jay)

Seusai memimpin Rapat Terbatas tentang Peningkatan Citra Indonesia di Dunia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memimpin Rapat Terbatas mengenai Pengembangan Ekonomi Digital, yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) sore.

Dalam pengantarnya Presiden Jokowi mengemukakan kecenderungan negara-negara besar yang mulai menggaungkan revolusi industri baru dengan basis pada ekonomi digital. Ia menyebutkan, hampir semua negara berbicara mengenai ekonomi digital.  Karena itu, Presiden menegaskan, Indonesia tidak boleh tertinggal, dan juga harus mengambil peran dalam tren perubahan itu.

  • 27 September 2016
  • 19548 Views

Bukan Sekedar Slogan, Presiden Jokowi: Segera Ambil Langkah Konkret Perkuat Citra Indonesia

Suasana menjelang rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) siang. (Foto: JAY/Humas)

Suasana menjelang Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9) siang. (Foto: Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, sebagai negara yang besar Indonesia harus mempunyai citra dan reputasi yang positif di dunia Internasional. Sehingga dengan reputasi positif itu bukan hanya memperkuat kebanggaan identitas Indonesia sebagai bangsa, tetapi sekaligus juga meningkatkan daya saing Indonesia dibandingkan negara-negara yang lain.

Presiden Jokowi meminta agar digarap habis-habisan nation branding Indonesia sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing negara, baik di bidang investasi, perdagangan, maupun  pariwisata.

  • 27 September 2016
  • 12478 Views

Gandeng Swasta, Kementerian ATR/BPN Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil menunjukkan data kepada Walikota Surabaya Tri Rimaharini, di Balai Desa Made, Kelurahan Made, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Senin (26/9).

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil menunjukkan data kepada Walikota Surabaya Tri Rimaharini, di Balai Desa Made, Kelurahan Made, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Senin (26/9).

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mendorong percepatan sertifikasi tanah, salah satunya dengan mengandeng pihak swasta untuk membantu pembiayaan sertifikasi tanah rakyat.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil mengemukakan, sertifikasi tanah merupakan program prioritas utama Kementerian ATR/BPN, namun program ini terkendala karena terbatasnya dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

ARTIKEL

PERATURAN

  • PRORAKYAT
  • PERATURAN
  • NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • INTERNASIONAL
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN