web analytics

Home

BERITA

  • 19 April 2018
  • 4058 Views

Seskab: Perpres Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Untuk Penyederhanaan

Seskab berfoto bersama saat acara sosialisasi Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Theatre Studio XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Seskab berswafoto saat sosialisasi Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Theatre Studio XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah  tujuannya adalah melakukan simplifikasi, penyederhanaan.

Diharapkan, pada 1 Juni nanti, menurut Seskab, Perpres ini sudah bisa diterapkan secara sepenuhnya.

  • 19 April 2018
  • 5564 Views

Presiden Jokowi: Jangan Sampai Lepas dari Nilai Agama, Akar Kebudayaan dan Tradisi

Presiden Jokowi berfoto bersama panitia dan peserta Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia Tahun 2018, di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Kamis (19/4) siang. (Foto: Deni S/Humas)

Presiden Jokowi berfoto bersama panitia dan peserta Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia Tahun 2018, di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Kamis (19/4) siang. (Foto: Deni S/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, generasi muda seluruh dunia menuntut teknologi yang terkini, menuntut lifestyle yang terkini. Merangkul teknologi, mengembangkan industri lifestyle ini, menurut Presiden, adalah satu kesatuan dengan yang namanya modernisasi.

Namun Presiden mengingatkan, ini ada tapinya, bahwa modernisasi harus dilakukan tanpa melupakan nilai-nilai agama, nilai-nilai tradisi.

  • 19 April 2018
  • 5345 Views

Buka Muslim Fashion Festival, Presiden Jokowi Dorong Pengembangan Busana Muslim Khas Indonesia

Presiden Jokowi menyaksikan peragaan busana muslim saat pembukaan Muslim Fashion Festival Indonesia Tahun 2018, di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Deni S/Humas)

Presiden Jokowi menyaksikan peragaan busana muslim saat pembukaan Muslim Fashion Festival Indonesia Tahun 2018, di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Deni S/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para desainer muslim di tanah air untuk bekerja sama mengembangkan busana muslim yang ada ciri khas ke-Indonesiaannya.

Ajakan ini disampaikan Presiden saat membuka Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia Tahun 2018, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

  • 19 April 2018
  • 6237 Views

Berkembang Cepat, Presiden Jokowi Optimistis Ekspor Otomotif Indonesia Tembus Keluar Asia

Presiden Jokowi usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Presiden Jokowi menjawab wartawan usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, bahwa industri otomotif Indonesia berkembang sangat cepat. Ia mengaku senang karena ekspor produk otomotif Indonesia meningkat terutama memang ke negara-negara tetangga.

“Tapi kita melihat nanti, kalau harganya kompetitif saya kira akan bisa keluar dari Asia eskpornya,” kata Presiden Jokowi usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

  • 19 April 2018
  • 6656 Views

Presiden Jokowi: Tidak Perlu Pesimis Hadapi Tren Mobil Listrik dan Mobil Publik

Presiden Jokowi saat meninjau pameran IIMS Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Presiden Jokowi saat meninjau pameran IIMS Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran otomotif berskala internasional Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memuji tema yang dipilih dalam IIMS kali ini adalah dukungan dan komitmen kepada mobil listrik. “Ini jelas menunjukkan bahwa penyelenggara acara ini paham betul bahwa Revolusi Industri 4.0 sedang menuju ke sektor otomotif juga,” ujarnya.

  • 18 April 2018
  • 12423 Views

Bukan Untuk ‘Non Skill’, Seskab: Perpres Tenaga Kerja Asing Untuk Level Manajer ke Atas

Seskab kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore. (Foto: Humas/Rahmat)

Seskab menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore. (Foto: Humas/Rahmat)

Meskipun dibandingkan dengan negara lain jumlahnya di Indonesia masih rendah, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memaklumi jika ada yang menggoreng-goreng penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing, karena saat ini sudah tahun politik.

Tetapi Seskab menegaskan, bahwa Perpres itu sesungguhnya hanya mempermudah administrasi penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) khususnya untuk tenaga kerja kelas menengah ke atas, yang selama ini berbelit-belit, dan pengurusannya terlalu lama.

  • 18 April 2018
  • 12076 Views

Puan: Penambahan Cuti Bersama Sudah Perkirakan Kepadatan Arus Mudik/Balik Lebaran 2018

Menko PMK menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore. (Foto: Humas/Rahmat)

Menko PMK menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore. (Foto: Humas/Rahmat)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengemukakan, penambahan libur bersama pada Idulfitri 1439H atau 2018 M, yaitu tanggal 11, 12, dan 20 Juni di luar yang ditentukan sebelumnya pada 13, 14, 18, dan 19 Juni 2018 sudah disesuaikan dengan perkirakaan kepadatan lalu lintas pada arus mudik dan arus lebaran agar berjalan lancar.

“Jadi arus lalu lintas itu kemudian tidak terjadi stuck ataupun hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Puan kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore.

  • 18 April 2018
  • 12345 Views

PP Terbit Mei, Darmin: Pemerintah Siapkan Penyederhanaan Besar-Besaran Perizinan

Menko Perekonomian menyampaikan konferensi pers. (Dokumentasi Humas Setkab)

Menko Perekonomian menyampaikan konferensi pers. (Dokumentasi Humas Setkab)

Pemerintah sedang menyiapkan penyederhanaan besar-besaran perizinan di Indonesia baik di pusat maupun daerah, dengan menggunakan online system yang terintegrasi. Untuk itu, ada banyak hal yang harus disiapkan.

“Kita akan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) untuk menjelaskan desain baru perizinan kita itu seperti apa,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution usai mengikuti Rapat Terbatas yang membahas Percepatan Pelaksanaan Berusaha, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore.

  • 18 April 2018
  • 13938 Views

Presiden Jokowi Minta Sistem ‘Online Single Submission’ Segera Diterapkan

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas tentang Percepatan Pelaksaaan Kemudahan Berusaha, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore. (Foto: Rahmat/Humas)

Presiden Jokowi memimpin Rapat Terbatas tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/4) sore. (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Online atau Online Single Submission bisa segera diterapkan baik di tingkat kementerian, provinsi, kabupaten, maupun kota.

Menurut Presiden, tidak usah menunggu beberapa daerah yang masih belum siap, karena nanti lewat Instruksi Presiden atau Peraturan Presiden, mau tidak mau yang namanya online single submission ini betul-betul langsung bisa diterapkan tanpa ada yang bilang, “Saya belum siap, saya belum siap, saya belum siap.”

  • 18 April 2018
  • 31562 Views

Libur Mulai 11-20 Juni, Cuti Bersama Lebaran 2018 Tambah 3 Hari

Konferensi Pers bersama tentang cuti bersama di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/4). (Foto: Humas Kemenko PMK).

Konferensi Pers bersama tentang cuti bersama di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/4). (Foto: Humas Kemenko PMK).

Pemerintah memutuskan untuk menambah cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah atau 2018 Masehi dari sebelumnya 4 (empat) hari, yaitu tanggal 13,14, 18, dan 19 Juni menjadi 7 (tujuh) hari yaitu tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

Dengan demikian, maka secara keseluruhan libur Lebaran 2018 ini ada 12 hari libur, yang terdiri dua hari libur reguler (Sabtu dan Minggu, 9 dan 10 Juni), dua hari libur Idul Fitri 1439H yaitu tanggal 15 dan 16 Juni, serta 7 hari cuti bersama yaitu tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

ARTIKEL

NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN