Selasa, 24 September 2013 - 10:56 WIB
Menpora Siapkan Bonus Buat Timnas Sepakbola U-19
Oleh : DESK INFORMASI
- Dibaca: 1972 kali



Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menjanjikan akan memberikan bonus atas keberhasilan Tim Nasional Sepakbola Usia di bawah 19 tahun (Timnas U-19) menjualan Piala Kejuaraan Federasi Sepakbola ASEAN(AFF), dengan mengalahkan Vietnam lewat adu penalti 7-6, Minggu (22/9) malam.

“Menang melalui adu penalti dengan skor 7-6, membuat seluruh bangsa Indonesia tegang namun mereka sudah berjuang dengan sangat sangat baik. Nanti kami akan beri bonus kepada mereka,” kata Menpora Roy Suryo dalam konperensi pers di di Media Center  Kemenpora, Jakarta, Senin (23/9).

Menpora tidak menyebutkan besarnya bonus yang akan diberikan kepada Evan Dimas dkk. Menpora hanya menegaskan, bahwa pemerintah sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas keberhasilan Timnas Sepakbola U-19 itu.

"Kami di Palembang sedang menghadiri pembukaan Islamic Solidarity Games (ISG), bukannya tak punya perhatian, tapi Tuhan tahu jika kami memperhatikan. Jika pengurus rukun kan prestasi jadi baik," kata Roy Suryo menyinggung soal ketidakhadirannya pada Final Piala AFF yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, dan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan ISG 2013 di Palembang, Minggu (22/9) malam.

Menpora menegaskan, meskipun dirinya tidak melihat langsung pertandingan final Piala AFF, namun ia memastikan pemerintah memperhatikan perjuangan Evan Dimas dkk saat mengalahkan Vietnam. “Meskipun kami tidak melihat secara langsung, kami memperhatikan” kata Menpora.

Dalam kesempatan itu, Menpora meminta semua pihak harus menjaga PSSI dan selalu dukung PSSI. "Kita   juga sangat bersyukur karena selain Indonesia menjadi juara.  Kita harus jaga soliditas tim ini, semua berjuang dengan sangat baik, jika tim solid jadi menang,” ujarnya.

Ia juga meminta agar jangan ada yang mengganggu Timnas Sepakbola U-19.  “Pokoknya jangan ada gangguan eksternal, kita harus kawal PSSI. Jangan ada campur tangan dalam urusan teknis, PSSI harus dibina jangan mudah dibongkar pasang, jangan sampai di usia senior tak termanfaatkan,” pinta Roy.

Sebelum ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui akun twitternya @SBYudhoyono telah menyampaikan ucapan selamat kepada Timnas Sepakbola U-19.

“Alhamdulillah, Indonesia menang dalam pertandingan sepak bola Piala AFF U-19. Saya menyaksikan jalannya "Adu Penalti" dari Palembang,” tulis Presiden SBY yang saat itu tengah berada di Palembang untuk membuka ISG 2013, Minggu (22/9) malam.

Presiden SBY mengatakan bersyukur dengan pencapaian prestasi Ilham Udin dan kawan-kawan. “Saya bangga. Terima kasih para pahlawan sepak bola U-19. Anda semua telah mengharumkan nama Indonesia,” ucap Presiden SBY.

Pertandingan Yang Melelahkan

Sebagaimana diketahui, setelah tanpa gelar juara di level Asia Tenggara selama 22 tahun, Timnas U-19 tahun mengukir sejarah baru, untuk pertama kalinya menjadi juara pada kejuaraan resmi sepakbola di level Asia Tenggara, setelah menang adu penalti 7-6 atas Vietnam.

Sebelumnya puluhan ribu pendukung Timnas U-19 tahun yang memadati Gelora Delta, Sidoarjo, sempat dibuat cemas oleh perlawanan Timnas Vietnam yang tidak kenal lelah, sehingga pertandingan yang normalnya bisa diselesaikan dalam tempo 2 x 45 menit, harus melalui babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Namun karena skor masih kacamata (0-0), pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Dalam babak adu penalti ini, kembali pendukung Timnas U-19 dibawah tegang, setelah Evan Dimas dan Zulfiandi gagal melesakkan bola ke gawang Vietnam.

Namun beruntung kiper Ravi Murdianto tampil cemerlang. Ravi berhasil menepis dua tendangan pemain Vietnam, yakni Le Van Son dan Pham Duc Huy. Ilham Udin Armaiyn yang menjadi eksekutor terakhir, berhasil menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Tendangannya gagal dibendung kiper Le Van Truong, sehingga Timnas Indonesia menang 7-6 dalam babak adu penalti itu. (ES)