Selasa, 08 Maret 2011 - 12:26 WIB
Pemimpin Filipina Teladani SBY
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 1045 kali



(Foto: Abror)

Komitmen Presiden SBY untuk terus berupaya menciptakan good governance mendapat apresiasi dari Presiden Filipina, Benigno S Aquino III. Ia mengatakan, dirinya dan para menterinya melihat figur Presiden SBY sebagai panutan, khususnya dalam melakukan pemberantasan korupsi dan menciptakan pemerintahan yang bersih.

"Sebagian besar dari kami, anggota kabinet saya, melihat anda sebagai teladan, khususnya karena kedua negara kita menghadapi isu korupsi dan good governance," ujar Aquino III.

Sementara, Presiden SBY menekankan pentingnya untuk terus memperkuat hubungan antar kedua negara. "Merupakan kewajiban kita untuk terus memperkuat, memperdalam, dan memperluas hubungan ini di tahun-tahun mendatang," ujar Presiden SBY.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan hal ini pada pembukaan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Benigno S. Aquino III dan delegasi, di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Selasa (8/3) siang.

Sebelumnya Presiden SBY dan Presiden Aquino III bertemu secara empat mata di Ruang Jepara dan membahas beberapa isu yang dibahas lebih lanjut dalam pertemuan bilateral ini. Presiden SBY berharap dapat mendengar pandangan dari Presiden Aquino III mengenai beberapa isu regional dan internasional dan bagaimana cara mempererat dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Selain itu, kunjungan Ninoy—nama populer Aquino III—ke Jakarta juga diikuti dengan penandatanganan tiga nota kesepahaman (MoU) di sejumlah bidang. Diantaranya dalam bidang kepolisian, pendidikan dan olah raga. Untuk dua yang terakhir lebih banyak mengedepankan people to people contact antar kedua negara.