Kamis, 05 Juli 2012 - 14:14 WIB
DPR Setujui Usulan Pemerintah Naikkan Gaji PNS, TNI/Polri 7% Untuk 2013
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 5236 kali



Badan Anggaran DPR-RI menyetujui usulan Pemerintah untuk melakukan kenaikan atau penyesuaian gaji pokok dan pensiun pokok PNS dan anggota TNI/Polri untuk tahun 2013 sebesar 7%. Dukungan DPR ini menjadi salah satu poin dalam arah dan kebijakan belanja Pemerintah pada Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2013.

“DPR mengizinkan Pemerintah meneruskan pemberian gaji dan pensiun ke-13 serta penyesuaian gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri sebesar rata-rata 7 persen mengacu pada inflasi, serta penyesuaian gaji hakim," kata Wakil Ketua Badan Anggaran, Joko Wijianto dalam rapat paripurna di DPR, Kamis (5/7/2012

DPR juga mendorong Pemerintah untuk menuntaskan progran reformasi birokrasi pada kementerian/lembaga (K/L), sekaligus melakukan evaluasi kebijakan anggaran remunerasi K/L dalam rangka reformasi birokrasi terkait implementasinya.

Mengacu Inflasi

Pemerintah selama beberapa tahun terakhir menaikkan gaji PNS dan anggota TNI/Polri sebesar 10% setiap tahunnya. Namun untuk tahun 2013, Pemerintah hanya akan menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri sebesar 7 persen pada tahun depan.

Menteri Keuangan (Menkeu), Agus Martowardojo, beberapa waktu lalu menyebutkan, besaran kenaikan ini mengacu kepada inflasi serta penyesuaian gaji hakim. "Kenaikan difokuskan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai untuk memacu produktivitas dan penguatan kualitas pelayanan masyarakat serta efisiensi birokrasi," kata Agus di Jakarta, pertengahan Mei lalu

Menurut Menkeu, selain kenaikan gaji, pemerintah tahun depan tetap akan meneruskan pemberian gaji dan pensiun ke-13. Selain itu, Pemerintah juga mengakomodir kebutuhan anggaran remunerasi kementerian dan lembaga terkait reformasi birokrasi. "Kami juga melakukan penataan jumlah dan distribusi PNS mengacu pada prinsip zero growth dan berbasis kompetensi," ujarnya.

(**/ES)