Kamis, 27 Desember 2012 - 21:19 WIB
Umat Kristiani Ajak Jauhi Perusak Kesatuan dan Persatuan Bangsa
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 678 kali



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono menghadiri puncak acara peringatan Natal Nasional di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Kamis petang. 27 Desember 2012. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono bersama Ibu Herawati Boediono, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Menteri Kesehatan Nafsih Mboi selaku Ketua Panitia Perayaan Natal Nasional dalam laporannya mengatakan, tema yang diusung tahun ini "Allah telah mengasihi kita" dengan sub tema "Mari kita berbagi sukacita dan damai Natal agar semua orang hidup penuh harapan".

"Melalui penetapan tema dan sub tema tersebut, umat Kristiani di Indonesia mengajak seluruh bangsa guna bersama-sama membangun hubungan antarsesama yang makin baik dengan menjauhi hal-hal yang merusak kebersamaan, serta kesatuan dan persatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga melaporkan sejumlah kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan di sejumlah daerah sebagai bagian dari peringatan Natal 2012.

Pada bagian akhir laporannya, Nafsiah Mboi mencoba menarik perhatian para hadirin termasuk Presiden dan rombongan untuk mengamati pohon Natal yang ada dalam perayaan kali ini dan ditempatkan di pinggir panggung,  lain dari biasanya, pohon Natal ini dibentuk dari padi-padian, umbi-umbian, jagung dan sayur-sayuran yang diatur secara bersusun menyerupai pohon Natal.

Pohon Natal tersebut, menurut Nafsiah, sebagai ucap syukur. "Sekaligus perlambang doa pada 2013 Tuhan yang maha pengasih memberikan, kecukupan pangan dan kesejahteraan," katanya.

Pada puncak perayaan Natal Kali ini, Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Andreas A Yewangoe, mengisi dengan memberikan narasi Natal, sementara Ketua Umum Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Suharyo memimpin Doa Syafaat.

Paduan Suara (PS) Lembaga Kepresidenan

Sebelum kehadiran Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono serta Wakil Presiden dan Ibu Herawati Boediono, jemaat yang telah memadati Plenary Hall Jakarta Convention Center sejak pukul 17.00 wib disuguhkan dengan penampilan 10 Paduan Suara dengan berbagai latar belakang yang terpilih. Seperti PS Masyarakat Amboina yang menampilkan lagu “Angel Carrol” dan “Tokigong”, PS Masyarakat Sumatera Utara yang menyanyikan lagu “Glory-Glory Hallelujah” dan “Ain’t That Good News”.

Tidak ketinggalan juga PS Lembaga Kepresidenan yang untuk ketiga kalinya berpartisipasi dalam Perayaan Natal Nasional menampilkan kebolehannya,  mendapatkan urutan ke 8 untuk tampil, PS Lembaga Kepresidenan mempersembahkan 2 buah lagu, yaitu “Mari Kawan-Kawan Semua Bergembira” yang dinyanyikan sebelum tibanya rombongan Presiden, serta satu buah lagu lagi yang berjudul “Kasih” yang diperdengarkan tepat sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan sambutannya.

Penampilan PS Lembaga Kepresidenan cukup menarik perhatian dengan penampilan dan aransemen lagu yang berbeda, ini terlihat dari hadirin yang mengikuti untuk bernyanyi bersama ketika lagu “Kasih” sedang dinyanyikan.(ram/es)