Selasa, 02 April 2013 - 15:43 WIB
Presiden Akan Hadiri Puncak Peringatan Hari Raya Nyepi 2013
Oleh : DESK INFORMASI
- Dibaca: 773 kali



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan kesediaannya untuk menghadiri puncak kegiatan Perayaan Hari Raya Nyepi Nasional yang akan dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu  (7/4) malam. Kesediaan Presiden SBY ini disampaikan saat menerima Panitia Hari Raya Nyepi Nasional I Gede Pratnyana yang didamping oleh Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen (Purn) Sang Nyoman Suwisma, di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/4) siang.

Ketua Panitia Hari Raya Nyepi Nasional I Gede Pratnyana menyampaikan bahwa tema puncak Perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2013 sesuai dengan apa yang diamanatkan Presiden kepada panitia pelaksana dan juga pengurus PHDI, yaitu pentingnya untuk membina persaudaraan demi terciptanya kebersamaan sebagai bangsa Indonesia.

“Kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia adalah kebhinnekaan dan keberagaman,” lanjut Gede Pratnyana.

Ia menyebutkan, kebhinnekaan adalah modal dasar berdirinya Republik Indonesia. Makna itulah yang akan dituangkan dalam pagelaran puncak Perayaan Hari Raya Nyepi Nasional di Istora tanggal 7 April nanti, yang mengisahkan kisah siklus 7 (tujuh) abad kejayaan Nusantara.

Sementara Ketua Umum PHDI Pusat Mayjen (Purn) Sang Nyoman Suwisma menjelaskan bahwa rangkaian peringkatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935 telah berjalan.  Pada tanggal 11 (Maret 2013) dilaksanakan kegiatan Tawur Kasanga di Candi Prambanan, kemudian tanggal 12 (Maret 2013)  dilaksanakan kegiatan Catur Dharma Penyepian. Tanggal 7 (April 2013) akan diakhiri dengan Kegiatan Dharma Santi Nasional di Istora Senayan.

Menurut Sang Nyoman Suwisma, Presiden akan hadir pada puncak kegiatan Perayaan Hari Raya Nyepi Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2013 malam di Istora Senayan Jakarta yang mengusung tema "Dengan Persaudaraan Kita Bangun Kebersamaan".

Ketua Panitia Hari Raya Nyepi Nasional I Gede Pratnyana mengemukakan, pada pertemuannya dengan panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Nasional, Presiden juga berpesan agar perayaan ini diisi dengan pesan-pesan positif untuk disampaikan kepada publik sehingga masyarakat tidak selalu dijejali berita-berita pesimis, konflik, dan lain sebagainya.

Menurut Gede, Presiden SBY menyampaikan bahwa dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah APEC 2013 merupakan bentuk pengakuan dunia Internasional terhadap capaian Indonesia.

“Banyak sekali sisi-sisi positif (Indonesia) yang perlu dan layak diberitakan,” pungkas Gede. (Humas Setkab/ES)