Kamis, 11 April 2013 - 22:03 WIB
Buka Akun Twitter, Presiden SBY Ingin Tingkatkan Efektivitas Kepemimpinan
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 972 kali



Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa mengemukakan, Keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melaunching akun twitternya dalam waktu dekat ini semata-mata didasari niat untuk lebih dekat dan berinteraksi secara lebih intensif dengan publik. Niat ini juga sejalan dengan kehendak Presiden SBY untuk memperluas jangkauan komunikasi publiknya dalam sisa masa pemerintahannya.

“Pendekatan ini memang merupakan bagian dari tujuannya, agar Presiden SBY dapat meningkatkan efektivitas kepemimpinan politiknya dalam menavigasi pemerintahannya,” kata Daniel di Jakarta, Kamis (11/4) malam.

Diakui Daniel, Presiden SBY memang bukan orang yang pertama memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinannya karena sebelumnya Pesiden Amerika Serikat Barrack Obama juga memiliki akun twiter tujuan tersebut.

Daniel meyakini, keputusan para pemimpin dunia untuk masuk ke dunia itu (media sosial) didasari oleh keyakinan akan makin pentingnya media sosial sebagai ruang publik yang juga memiliki sifat strategis dalam pembentukan opini politik.

“Kehidupan sosial kita sudah sangat berubah karena teknologi informasi, begitu pula politik. Para pemimpin harus menyesuaikan diri agar mereka tetap dapat membuat koneksi dengan kenyataan sehari-hari. Diskoneksi dengan realitas adalah mimpi buruk yang hendak dicegah oleh Presiden SBY,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik itu.

Mengenai kemungkinan adanya kritik tajam dari para follower akun twitter SBY, Daniel Sparringa menilai itu adalah bagian dari upaya memelihara koneksi dengan publik.

“SBY menerima semua konsekuensi itu, termasuk yang terburuk dari semuanya, yaitu ia harus melayani ocehan dan celotehan dari yang lucu tetapi kurang relevan hingga sinisme yang ekstrem,” papar pemegang gelar doktor dari Flinders University of South Australia itu.

Sebagaimana diketahui dalam waktu dekat Presiden SBY akan meluncurkan akun twitter pribadinya. Menurut Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, nama akun itu akan diumumkan langsung oleh Presiden SBY dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Akun milik SBY ini sendiri akan dikelola tim-tim khusus yang sudah dipersiapkan. Namun, jika ada beberapa hal yang dianggap penting, SBY akan mengetweet sendiri melalui akun yang sudah dibuat.

"Bilamana ada hal-hal urgent yang dianggap penting, yang perlu direspon atau pesan yang ingin disampaikan langsung bapak presiden, tentu beliau akan mentweet, atau menyampaikan pesan dari akun itu," ujar Julian.

Sudah Bulat

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa mengatakan, SBY memang sudah bulat hatinya untuk menjadi bagian dari netcitizen. Ia juga ingin menjadi bagian denyut dari warga biasa dan membenamkan diri untuk terlibat dalam dialog bebas dan setara.

“Ini juga bagian dari pengejawantahan SBY sebagai seorang demokrat yang terlibat dalam memperkuat citizenship atau kewarganegaraan. Ini juga langkah SBY untuk memperdalam demokrasi dan memberi makna yang lebih sejati untuk membangun kepercayaan dan kerjasama di antara warga Indonesia bahkan warga dunia,” pungkas Daniel.

(ES)