Bersketsa Grafis GBK, Inilah Logo Baru Asian Games 2018

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Juli 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 36.757 Kali
KSP Teten Masduki didampingi Kepala Bekraf dan Menpora menunjukkan logo baru Asian Games 2018, di Jakarta, Kamis (28/7)

KSP Teten Masduki didampingi Kepala Bekraf dan Menpora menunjukkan logo baru Asian Games 2018, di Jakarta, Kamis (28/7)

Setelah melalui proses yang cukup panjang, pemerintah akhirnya memilih logo Bersketsa Grafis GBK (Gelora Bung Karno) dan Maskot Bhin-Bhin, Ika, dan Atung sebagai identitas resmi Asian Games 2018 menjadi pengganti logo sebelumnya ‘Drawa’ yang mendapatkan reaksi negatif masyarakat. Keputusan ini disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki, di Kantor KSP, Jakarta, Kamis (28/7) siang.

Teten yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menambahkan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memanfaatkan dan menggunakan ajang Asian Games 2018 ini sebagai ajang promosi Indonesia, promosi investasi, perdagangan, produk-produk kreatif, dan sekaligus juga sebagai promosi wisata.

“Kantor Staf Kepresidenan saat ini juga mempersiapkan strategi untuk melakukan nation branding, kita akan menggunakan Asian Games 2018 sebagai Kick off dalam pencanangan nation branding tersebut, ” kata Teten.

Ia menegaskan, Asian Games menjadi even penting bagi kita, karena diplomasi Indonesia saat ini adalah diplomasi dagang. Dalam situasi ekonomi global yang belum menentu ini, menurut Teten, kita perlu terus mempromosikan Indonesia supaya menjadi tujuan investasi.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, logo atau identitas Asian Games 2018 tersebut menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia, serupa dengan peristiwa saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke IV tahun 1962.

“Dengan logo baru ini, Indonesia sebagai tuan rumah siap menunjukkan jati diri kepada dunia melalui penyelenggaraan dan prestasi yang sukses,” tutur Menpora.

Bukan Sekedar Logo

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menjelaskan, desain grafis yang diluncurkan untuk logo Asian Games 2018 itu bukan sekedar logo dan maskot, tapi menjadi sistem identitas tentang sebuah merek baru perhelatan olahraga kelas dunia yang akan diikuti negara-negara Asia.

Logo tersebut dirancang oleh  Feat Studio melalui sayembara yang diselenggarakan oleh Kemenpora dan Bekraf. Menurut Triawan, logo baru Asian Games 2018 yang menggambarkan sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Di bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

Selain logo baru, juga telah dipilih 3 maskot Asian games 2018 yang terdiri dari 3 satwa di Indonesia yaitu burung Cendrawasih yang diberi nama Bhin Bhin mewakili Indonesia bagian timur, badak bercula satu yang diberi nama Ika yang mewakili Indonesia bagian barat, dan Rusa Bawean yang diberi nama Atung yang mewakili Indonesia bagian tengah. (Humas Kemenpora/ES)

Berita Terbaru