web analytics

Blog

Ditargetkan Beroperasi 2018, Presiden Jokowi: Ada Kemajuan Tol Lampung-Palembang

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 13 Jun 2015 ; 152315 Views Kategori: Nusantara
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Lampung dan Menteri Perhubungan saat meresmikan beroperasinya 3 ferry di Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (13/6)

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Lampung dan Menhub saat meresmikan beroperasinya 3 ferry di Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (13/6)

Seusai meresmikan beroperasinya jala tol Gempol –Palimanan, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (13/6) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya langsung menuju Lampung dengan menumpang helikopter Superpuma untuk meninjau pembagunan jalan tol Lampung-Palembang yang merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Presiden menilai ada perkembangan pengerjaan proyek tol Lampung-Palembang sepanjang sekitar 400 km sejak peletakan batu pertama 2,5 bulan lalu.

“Ada progresnya, kita kerjakan dalam empat seksi, ada yang sudah dua km, empat km dan tujuh km,” kata Presiden Jokowi di sela peninjauan proyek itu di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kab Lampung Selatan, Sabtu (13/6) siang.

Menurut Jokowi, pengerjaan proyek tol Palembang-Lampung akan berbeda dengan proyek-proyek infrastruktur lain termasuk proyek tol di daerah lain. Pembangunan itu mengikuti Undang-undang Nomor 29 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah yang mempermudah pembangunan infrastruktur.

“Jadi begitu ada penetapan lahannya, langsung dikerjakan, masing-masing seksi ini bergerak secara bersamaan,” kata Presiden.

Cara tersebut, lanjut Presiden Jokowi, berbeda dengan pembangunan tol Cikopo-Palimanan yang memakan waktu enam tahun untuk pembebasan lahan dan konstruksi 2,5 tahun.

Presiden Jokowi menargetkan, pembangunan jalan tol Palembang-Lampung itu selesai 2018 sebelum pelaksanaan Asian Games.

Ketika ditanya apakah puas dengan kemajuan pengerjaan proyek tol itu, Presiden Jokowi mengatakan pengerjaan baru sekitar 2,5 bulan.

“Saya ke sini hanya memastikan ada perkembangan atau kemajuan, semua saya cek. Jangan dipikir setelah groundbreaking tidak ada pengecekan,” kata Jokowi.

Resmikan Pengoperasian Ferry

Dalam kunjungannya ke Lampung itu, Presiden Jokowi juga berkesempatan meresmikan beroperasinya tiga unit kapal feri (Ro-ro) dan Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (13/6) siang.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa pemerintah pusat mendorong percepatan pembangunan transportasi di Lampung karena mempunyai peranan penting dalam arus transportasi Sumatera–Jawa atau sebaliknya.

“Dinamika pembangunan di Lampung membutuhkan kehadiran kita, untuk membantu mendorong percepatan, terutama beberapa proyek nasional yang di mulai dari Lampung,” ujar Jokowi.

Presiden menjelaskan, saat ini pemerintah sedang mendorong percepatan pembangunan infrastruktur khususnya implementasi percepatan tol laut atau konektivitas tol laut (sea connectivity). Ia menyebutkan, hal ini perlu dilakukan karena konektivitas antar pulau merupakan hal utama untuk negara dan harus disadari bersama bahwa itu yang harus dilakukan untuk negara.

“Kita harus sadar betul, bahwa dua pertiga wilayah Indonesia adalah air, yang sudah bertahun-tahun tidak pernah kita tengok, saatnya kita kembali sadar bahwa laut adalah masa depan kita,” kata Jokowi.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan, dengan diresmikannya dermaga enam dan penambahan tiga unit kapal ini akan melancarkan arus transportasi dan arus logistik nasional, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. (*/ANT/ES)

Artikel lainnya :