web analytics

Blog

Dukung UMKM, DWP Setkab Kunjungi Pusat Pengolahan Ikan Cirebon

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 19 Mar 2016 ; 18143 Views Kategori: DWP SETKAB (Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Kabinet)
Penasihat DWP Setkab Hani Pramono Anung (kiri) melihat kunjungi Pusat Pengolahan Produk Ikan (19/3). (Foto: Humas/Oji)

Penasihat DWP Setkab Hani Pramono Anung (kiri) dan rombongan berada di Pusat Pengolahan Produk Ikan (19/3). (Foto: Humas/Oji)

Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Kabinet (DWP Setkab) dibawah pimpinan Hani Pramono Anung melakukan kujungan kerja ke Cirebon, Sabtu (19/3) pagi. Kegiatan diawali dengan mengunjungi pusat pengolahan ikan di bawah binaan Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan, dan Pertanian Kota Cirebon dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Penasihat DWP Setkab Hani Pramono Anung mengatakan bahwa kunjungan ini sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita ingin melihat langsung proses pembuatan dari produk yang dikelola usaha kecil menengah, kebetulan DWP Setkab ada kerja sama dengan KKP untuk membeli produk olahan hasil perikanan, ” kata Hani.

Menurutnya, usaha pengolahan produk perikanan ini sebagai salah satu solusi dalam menjaga nilai jual produk perikanan. Karena saat hasil perikanan melimpah harganya cenderung turun, sementara harga akan naik saat hasil tangkapan nelayan turun.

“Kelompok pengolahan ikan ini sangat baik bermanfaat dan mendukung ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

DWP Setkab secara berkala membeli produk-produk olahan hasil perikanan yang diproduksi oleh nelayan dan kelompok usaha binaan KKP, yang salah satunya berpusat di Cirebon.

Pengolahan ikan ini dikelola oleh Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Torani Sumber Makmur yang bekerja sama dengan KKP. Dalam satu hari, Poklahsar Torani mampu memproduksi 100 kg produk-produk olahan perikanan dan dipasarkan ke berbagai daerah, salah satunya DKI Jakarta.

Ketua DWP Setkab Ria Bistok Simbolon menyampaikan kunjungan kerja ini untuk melihat secara langsung proses pembuatan produk olahan hasil perikanan

“Kegiatan  ini follow up dari kesepakatan Rumah Pangan Kita Mitra Mandiri Setkab dengan KPN Mina Utama untuk menjual produk olahan perikanan,” sambung Ketua DWP Setkab.

Ria menjelaskan, pada tanggal 4 Desember 2015, DWP Setkab menandatangani MoU dengan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Mina Utama KKP, dalam hal kerjasama pemasaran produk hasil perikanan. Selain itu, DWP setkab juga melakukan kerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Bulog tentang pengadaan, pendistribusian dan penjualan barang kebutuhan pokok melalui program Rumah Pangan Kita.

Kunjungan kerja kali ini dipusatkan pada Pusat Pengolahan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Cirebon, Pusat kerajinan Kerang Rumah Kerang CV Multi Dimensi (Cirebon Barat),  dan Pusat Kerajinan Batik Trusmi, Cirebon.

(FID/SLN)

Post Tags -

Artikel lainnya :