Tue, 03-13-2012 08:59 WIB
Setkab.go.id Menjawab Kebutuhan Informasi Publik
By : Kuncoro
- Read: 542 times


Setkab.go.id merupakan website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Sekretariat Kabinet adalah Sebuah lembaga pemerintah yang berkedudukan dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden.  Sekretariat Kabinet dipimpin oleh seorang Sekretaris Kabinet (saat ini dijabat Dipo Alam). Sekretariat Kabinet mempunyai tugas memberikan dukungan staf, administrasi, teknis dan pemikiran kepada Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

Berkaitan dengan telah diundangkannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik maka Badan Publik memiliki kewajiban untuk membuka akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi publik kecuali informasi yang dikecualikan. Informasi yang dikecualikan bersifat rahasia sesuai dengan Undang-Undang kepatutan, dan kepentingan umum didasarkan pada pengujian tentang konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi diberikan kepada masyarakat, serta setelah dipertimbangkan dengan seksama bahwa menutup informasi publik dapat melindungi kepentingan yang lebih besar daripada membukannya atau sebaliknya. 

Dengan demikian informasi publik sudah menjadi kewajiban setiap lembaga pemerintah dan merupakan hak masyarakat Indonesia untuk memperoleh informasi publik. Setkab.go.id memberikan informasi terkini dan terpercaya  mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah serta informasi-informasi lain tentang kegiatan Presiden dan Wakil Presiden.

Setkab.go.id memahami pentingnya informasi publik kepada masyarakat Indonesia, oleh sebab itu setkab.go.id senantiasa selalu memberikan informasi terkini dan terpercaya dalam menginformasikan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Didalam usia yang masih relatif muda, setkab.go.id berusaha senantiasa  memberikan informasi yang akurat, terkini, dan terpercaya di tengah derasnya arus informasi dewasa ini.

Tidak dapat dielakkan di tengah derasnya informasi dewasa ini, informasi yang beredarpun beraneka ragam mulai dari pemberitaan positif ataupun negatif terhadap pemerintah. Bad News is Good News sepertinya masih menjadi komoditas yang menarik untuk dijual bagi sebagian media yang ada di tanah air, namun pemberitaan negatif yang semestinya positif tersebut jika terus menerus dilakukan akan  menimbulkan opini yang kurang baik terhadap pemerintah.

Pemberitaan negatif tersebut sesungguhnya adalah berita positif namun sengaja dipelintir atau diberitakan sepotong-potong sehingga menghasilkan informasi yang negatif terhadap pemerintah.

Disaat situasi seperti ini setkab.go.id hadir dan berusaha untuk memberikan informasi yang apa adanya, faktual, terkini, tajam dan terpercaya tanpa sebuah rekayasa.

Di dalam setkab.go.id terdapat beberapa kolom antara lain : Kolom Berita, Kolom Analisis, Kolom Nusantara, Kolom Internasional, Kolom Pro Rakyat dan juga dilengkapi dengan Gallery dan Video/Audio seputar kegiatan Presiden Republik Indonesia.

Khusus kepada masyarakat yang ingin mengisi kolom analisis dapat mengirimkan artikel analisisnya kepada pusdatin@setkab.go.id.

Setkab.go.id juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti informasi kepegawaian yang dapat dipergunakan untuk melakukan pengecekan kenaikan pangkat dan pensiun PNS Gol IV/c keatas, Informasi Peraturan Perundang-undangan yang berisi semua jenis  Peraturan-Perundang-undangan mulai dari UUD 1945 hingga Peraturan Presiden mulai tahun 1945 hingga saat ini.

Selain itu juga terdapat fitur yang berisi mengenai profil Kabinet mulai dari Era Revolusi Fisik hingga Era Reformasi Pembangunan, Profil Sekretariat Kabinet  dan Pengumuman yang berisi antara lain pengumuman lelang dan pengumuman lainnya.

Tentu tak ada gading yang tak retak, setkab.go.id akan terus disempurnakan dan dikembangkan seiiring dengan informasi yang berkembang dimasyarakat untuk selalu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Kuncoro/Anggota DeskInformasi
(Kedeputian Bidang Kesejahteraan Rakyat)