Fri, 09-06-2013 09:45 WIB
Kementerian Agama Lepas Keberangkatan 331 Panitia Ibadah Haji ke Saudi
By : DESK INFORMASI
- Read: 704 times



Kementerian Agama melepas memberangkatkan  331 anggota Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) hari Jumat 6/9) ke Arab Saudi untuk segera bertugas di Daerah Kerja Jeddah dan Madinah. Pelepasan dilakukan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Cepi Supriatna di Asrama haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (5/9).

Ke-331 petugas haji yang diberangkatkan itu, terdiri atas 129 petugas dari Kementerian Kesehatan dan 202 petugas dari Kementerian Agama. “Ke-331 orang ini merupakan pemberangkatan gelombang pertama dari 836 petugas haji Idonesia,” kata Cepi.

Para petugas nonkloter tersebut berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta pada Jumat besok pukul 11.19 WIB.

Para petugas haji akan bekerja membantu jemaah asal Indonesia selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, dan akan berada di Arab Saudi hingga penyelenggaraan ibadah haji berakhir.

Cepi mengatakan karena waktu operasional haji baru dimulai 10 September, maka para petugas tersebut masih mempunyai waktu untuk pemulihan dan konsolidasi serta pengenalan wilayah sebelum menerima kedatangan jamaah.

"Tugas pokoknya memantau sitiuasi lapangan, memberi tahu petugas kloter memantau pergerakan jamaah," katanya.

Selain 331 petugas yang akan bekerja di Daerah Kerja Jeddah dan Madinah, akan ada 505 anggota PPIH yang bertugas di Daerah Kerja Mekkah. Mereka akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 September 2013. (WID/Humas Kemenag/ES)