Mon, 09-09-2013 11:01 WIB
Butuh Ratusan Calon Jaksa dan Pengawal Tahanan, Kejaksaan Buka Lowongan 1000 CPNS
By : DESK INFORMASI
- Read: 10221 times



Kejaksaan Republik Indonesia membuka pendaftaran bagi 1000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2013 untuk ditempatkan di Kejaksaan seluruh Indonesia.

Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung, Bambang Sugeng Ruknomo, selaku Sekretaris Panitia Pengadaan CPNS Kejaksaan RI 2013 dalam pengumumannya tertanggal 2 September 2013 menyebutkan, ke-1000 CPNS yang akan direkrut itu terdiri atas: a. 450 lulusan S.1 Ilmu Hukum untuk Jabatan Fungsional Calon Jaksa (Golongan III/a); b.  38 orang lulusan S.1 Ekonomi/Akuntansi untuk Jabatan Fungsional Calon Auditor (Golongan III/a); c. 38 orang lulusan D.III Komputer untuk Jabatan Fungsional Calon Pranata Komputer (Golongan II/c); d. 38 orang lulusan D.III Ekonomi/Akuntansi untuk Jabatan Fungsional Calon Auditor (Golongan II/c); dan e. 436 orang lulusan SLTA untuk Pengawal Tahanan, Penyiapan Barang Bukti, Pengemudi, dan Caraka (Golongan II/a).

“Pendaftaran secara online  di situs resmi rekrutmen CPNS Kejaksaan Agung RI www.kejaksaan.go.id/rekrutmen mulai 8 September - 22 September 2013,” tulis Bambang Sugeg.

Selain persyaratan umum sebagai WNI, bagi pelamar CPNS di Kejaksaan Agung terdapat beberapa persyaratan khusus, di antaranya: 1. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 28 tahun pada 1 Desember 2013; 2. Belum menikah dan bersedia tidak akan menikah sampai diangkat sebagai PNS; 3. Tidak buta warna parsial atau total, tidak cacat fisik, tidak cacat mental, tidak termasuk kelainan orientasi seks dan kelainan perilaku (transgender), tidak bertato, dan bebas narkoba.

Selain itu juga pelamar CPNS di Kejaksaan RI juga harus: 4. Menguasai Bahasa Inggris dengan TOEFL 425 atau IELTS minimal 5, untuk D.III minimal TOEF: 400 atau IELTS minimal 4,5; 5. IPK Sarjana (S.1) minimal 2,75 untuk lulusan SMTA nilai rata-rata ijazah 7,00; 6. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terakreditasi minimal B; dan 7. Melampirkan Akte Kelahiran yang disahkan oleh pejabat Catatan Sipil.

Sedang berkas lamaran lengkap dibawa pada saat verifikasi, berupa dua berkas lamaran, yang terdiri atas:
1. Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri dan ditujukan kepada Jaksa Agung Muda Pembinaan U.p. Ke pala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung RI
2.Daftar Riwayat Hidup singkat, ditulis tangan sendiri
(huruf cetak)
3. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir sesuai ketentuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi pelamar S.I, D.III dan SLTA atau sederajat.

Tataraca melamar silahkan lihat di http://www.kejaksaan.go.id/rekrutmen/tatacara.php.

Para peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan mengikuti tes di Kejaksaan Agung atau Kejaksaan Tinggi, di tempat masing-masing pelamar mendaftar. Adapun pelaksanaan tes kemampuan dasar (TKD) akan dilaksanakan secara serentak pada 3 November, dengan materi: a. Wawasan Kebangsaan; b. Intelegensia Umum; dan c. Karakteristik Pribadi.

“Para pelamar diharapkan tidak memenuhi atau tidak tergiur dengan bujuk rayu atau janji yang dapat meluluskan dengan imbalan tertentu dari pihak siapapun termasuk dari lembaga Kejaksaan Republik Indonesia,” pinta Bambang Sugeng Ruknomo, selaku Sekretaris Panitia Pengadaan CPNS Kejaksaan RI 2013

Berikut jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS di Kejaksaan

      Pendaftaran online tanggal 8 September 2013 sampai dengan 22 September 2013 Sistem akan membuka dan menutup Pendaftaran secara online pada pukul 00.00 Waktu Sistem

  1. Verifikasi data pelamar tanggal 23 sampai 26 September 2013
  2. Pelaksanaan Ujian Tahap I tanggal 3 November 2013
  3. Pengumuman Hasil Ujian Tahap I (ditentukan kemudian oleh Kementerian PAN & RB
  4. Pelaksanaan Ujian Tahap II (ditentukan kemudian)
  5. Pengumuman Hasil Ujian Tahap II (ditentukan kemudian)
  6. Penerbitan Surat Keputusan sebagai CPNS Kejaksaan RI (ditentukan kemudian).

(WID/ES)