Thu, 05-16-2013 08:58 WIB
Pemerintah Segera Bangun PLTB 50 MW di Bantul, DIY
By : Desk Informasi
- Read: 1463 times



Pemerintah Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) berkapasitas  50 MW di Samas, Bantul, DIY. Proyek tersebut akan dimulai September 2013 dan diharapkan beroperasi Juni atau Juli 2014.

Proyek  yang akan dibangun oleh UPC Renewables Indonesia Limited bekerjasama dengan partner lokal PT. Binatek Reka Energi ini, sekaligus akan dimanfaatkan sebagai tempat wisata technopark.

“Kita mau membangun 50 MW di Samas, Bantul, pembangunan akan dimulai pada bulan September mendatang dan sekitar bulan Juni atau Juli 2014 mulai beroperasi,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Kelembagaan dan Perencanaan Strategis, IGN Wiratmaja Puja usai mendampingi Menteri ESDM bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X,  Rabu, (15/5).

Disamping membangun pembangkit Listrik Tenaga Bayu, di wilayah Samas, Bantul itu juga akan dibangun tecnopark sehingga selain menghasilkan listrik dapat meningkatkan wisatawan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, menurut  Wira, sangat mendukung pembangunan PLTB tersebut dan berencana memberikan insentif harga jual tenaga listriknya. "Pak Menteri akan mendukung adanya insentif-insentif khusus, karena ini kan baru maka harganya relatif lebih tinggi dari listrik biasa," kata Wira.

Nantinya, di Pantai Samar akan dibangun sekitar 22 menara dengan ketinggian  sekitar 100 meter, di atas lahan yang disediakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. "Sri Sultan menghibahkan tanahnya untuk digunakan, itu yang luar biasa. Luasnya tanahnya saya lupa, tapi cukup luas dan itu semua dari Sri Sultan. Selain itu, Sri Sultan akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam perizinannya," kata Wira.

Pembangunan PLTB di Pantai Samas, Bantul, merupakan yang terbesar di Indonesia, dengan  kandungan komponen lokalnya diperkirakan  mencapai 30% pada tahap awalnya dan akan terus ditingkatkan.

Menurut rencana, pemerintah juga akan membangun PLTB dengan kapasitas yang lebih besar di Sulawesi dan Sukabumi. “Setelah selesai pembangunan di Samas, pembangunan PLTB dengan konsep yang sama juga sebagai techopark akan dibangun di Sidrab, Sulawesi Selatan dengan kapasitas yang jauh lebih besar, setelah di Sidrap berhasil, kita akan lanjutkan di Sukabumi (Jawa Barat) dengan kapasitas 200 Mw. Energi baru dan terbarukan harus segera dibangun," kata Wira. (Kemen ESDM/Wid/ES)