Wed, 05-29-2013 09:30 WIB
SMK Negeri 1 Simalungun Siapkan Siswa Usaha Mandiri
By : DESK INFORMASI
- Read: 1519 times



Slogan "SMK Bisa!" Ternyata benar adanya. Terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi stan SMK Negeri 1 Raya, Kabupaten Simalungun, pada acara Pameran Pekan Informasi Nasional (PIN) di lapangan Merdeka, Medan Sumatera Utara, 25-28 Mei 2013.

Para pengunjung pun tidak segan-segan membeli berbagai bibit tanaman hasil karya siswa-siswi SMK tersebut. Mulai dari bibit kangkung, terong, mangga, bayam, jambu biji, jeruk nipis, durian, dan lain sebagainya termasuk tanaman hortikultura (tanaman hias), pupuk cair organik, maupun pestisida cair organik. Ada juga produk olahan pasca panen, seperti bubuk kopi, teh, abon dan beragam kripik.

Priksano Budi, seorang guru Kompetensi Agribisnis Tanaman Perkebunan, memberikan penjelasan bahwa para siswa memang dididik dan dibina untuk selalu kreatif, inovatif, berpengetahuan, berbudaya, dan mampu membuka peluang pekerjaan. "Jadi mereka tidak harus bekerja dengan orang lain tapi lebih hebat dari itu yaitu dengan membuka peluang kerja kepada orang lain," jelasnya.

Budi yang ditemui di area pameran Selasa (28/5) juga menjelaskan bagaimana sekolah terus melakukan upaya yang mendukung peningkatan kompetensi peserta didiknya sehinnga mampu bersaing secara global. Salah satunya dengan memberikan kesempatan siswa melakukan praktek kerja industri selama 6 bulan.

"Dengan kompetensi sesuai jurusan, mereka harus mampu meyelaraskan pengetahuan di dunia kerja, pada saat mereka melakukan praktek kerja.Tujuannya supaya mengetahui kondisi riil dunia kerja. Walaupun tidak harus bekerja dengan orang lain tetapi setidaknya mereka mampu mengenal dan memahami  dunia kerja," ujar Budi.

Lulusan SMK, menurut Budi, diharapkan mampu membuka peluang kerja dan mampu bekerja sendiri secara profesioanal. Jika ada lulusan yang memilih kuliah, mereka bisa bekerja sekaligus kuliah. Bahkan, dengan kompetensi yang ada, para lulusan SMK sudah banyak dipesan oleh perusahaan untuk dijadikan karyawannya.

Seorang siswi yang ditemui saat menjaga stan menceritakan keinginannya mengembangkan bisnis penjualan bibit selulusnya kelas. Ela Runanda yang saat ini kelas 11, berkeinginan mengolah lahan di halaman depan rumahnya untuk bisnisnya kelak. "Saya ingin menjual bibit tanaman karena saya ketika memilih sekolah di SMK Negeri 1 sangat sesuai minat saya di dunia pertanian," ungkapnya.

SMK Negeri 1 Raya Simalungun menawarkan berbagai program studi, yaitu Agribisnis Produksi Tanaman, Agribisnia Produksi Ternak, Agribisnis Hasil Pertanian, Mekanisasi Pertanian, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif. (Humas Kemdikbud/WID/ES)