web analytics

Blog

Kemenaker Ajak Humas K/L Tinjau Balai Latihan Kerja Semarang

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 10 Mar 2017 ; 1350 Views Kategori: Nusantara
Para peserta Bakohumas meninjau ruang praktik kejuruan di BBPLK Semarang (10/3). (Foto: Humas/Edi)

Para peserta Bakohumas meninjau ruang praktik kejuruan di BBPLK Semarang (10/3). (Foto: Humas/Edi)

Dengan harapan untuk peningkatan sinergi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jumat (10/3) pagi,  mengajak pejabat hubungan masyarakat (Humas) Kementerian dan Lembaga (K/L) yang tergabung dalam Forum Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) meninjau Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Semarang, Jawa Tengah.

Kepala BBPLK Semarang, Drs. Sukiyo, M.MPd, mengatakan sesuai program Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding, pihaknya memfokuskan BPLK Semarang sebagai pusat pengembangan kejuruan fashion technology/garmen apparel dan bisnis manajemen.

“Pendidikan kejuruan yang disediakan ada beragam yakni Teknik Informatika, Bisnis Manajemen, Teknik Manufaktur, Teknik Las, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Refrigeration, Tata Busana, Garmen Apparel, Bangunan,  dan Elektronika,” kata Sukiyo kepada peserta Forum Bakohumas.

Menurut Sukiyo, persyaratan yang ditetapkan bagi calon peserta BLK juga tidak sulit yakni fotokopi ijazah, KTP, pas foto, dan mengisi formulir pendaftaran.

80 Persen

Dirjen Pembinaan Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono, yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan,  melalui Program Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding dari Kementerian Ketenagakerjaan ini diharapkan setelah para peserta mengikuti pelatihan mampu diserap oleh industri sebagai tenaga kerja terampil.

“Rata-rata serapan tenaga kerja yang dilatih di BLK mencapai 70 hingga 80 persen,” jelas Bambang.

Soal sertifikasi tenaga kerja, diakui Bambang, ke depan harus dipersiapkan dengan baik agar kompetensi tenaga kerja kita tak lagi dipertanyakan oleh perusahaan pengguna. Ditegaskan Bambang, melalui BLK Kemenaker, salah satu keunggulannya adalah  dengan memberikan sertifikat kepada peserta.

Acara Bakohumas Kemenaker kali ini dihadiri oleh para pejabat dan pegawai dari perwakilan kementerian dan lembaga yang tergabung dalam Forum Bakohumas. (EN/AS/DAN/ES)

Video Terbaru:
Arahan Presiden Joko Widodo mengenai Penghapusan Penggunaan Merkuri Pada Pertambangan Rakyat (9/3)
Arahan Presiden Joko Widodo mengenai Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Sulawesi Tengah (9/3)
Arahan Presiden Joko Widodo mengenai Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Kalimantan Timur (9/3)
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (9/3)

Artikel lainnya :