Penanganan Pengaduan

A. Pihak-pihak yang Menangani

Proses penanganan keberatan dari pemohon informasi di lingkungan Sekretariat Kabinet dan penyelesaian sengketa informasi ditangani oleh Atasan Ketua PPID, Pengarah. Pengarah mempunyai tugas:

  1. Menanggapi keberatan yang diajukan oleh pemohon informasi;
  2. Mewakili Sekretariat Kabinet dalam proses penyelesaian sengketa informasi publik;
  3. Meminta masukan kepada Pengarah dalam rangka penanganan keberatan dari pemohon informasi dan penyelesaian sengketa informasi.
Dalam hal penanganan sengketa informasi, Atasan ketua PPID dapat mendelegasikan wewenang atau memberikan kuasa kepada Ketua PPID, Sekretaris PPID. Pengarah mempunyai tugas:
  1. Memberikan arahan kepada PPID terkait penanganan keberatan dari pemohon informasi dan penanganan penyelesaian sengketa informasi;
  2. Meminta masukan atau pertimbangan hukum terkait penanganan keberatan dari pemohon informasi dan penanganan penyelesaian sengketa informasi.

B. Mekanisme Penanganan Keberatan

  1. Pemohon informasi publik mengajukan keberatan kepada Atasan Ketua PPID karena tidak puas dengan jawaban Ketua PPID atas permohonan informasi yang diajukan.
  2. Dalam penyelesaian keberatan, Atasan PPID memberikan tanggapan atas keberatan pemohon informasi publik secara tertulis dengan mendapat pertimbangan dari Pengarah.
  3. Apabila Pemohon informasi tidak puas dengan tanggapan atas keberatan tersebut, Pemohon dapat mengajukan penyelesaian sengketa informasi kepada Komisi Informasi Pusat untuk dilakukan mediasi dengan PPID. Apabila mediasi tidak menghasilkan kesepakatan, maka penyelesaian sengketa informasi dapat berlanjut ke ajudikasi non-litigasi yang keputusannya ditentukan oleh Komisi Informasi Pusat.
Mekanisme penanganan keberatan, termasuk persyaratan, prosedur, dan waktu yang diperlukan, dapat dilihat pada Standar Pelayanan Penanganan Keberatan dari Pemohon Informasi di Lingkungan Sekretariat Kabinet. Proses penanganan keberatan dari pemohon informasi di lingkungan Sekretariat Kabinet dan penyelesaian sengketa informasi dapat dilihat pada Bagan dibawah ini.


Gambar: Mekanisme Penanganan Keberatan





Deputi Bidang Administrasi menerima Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB saat akan memberikan pembekalan mengenai penilaian Layanan Informasi Publik di lingkungan Sekretariat Kabinet oleh Tim dari Kementerian PAN-RB (Kamis, 19/9/2013)



Sosialisasi Penilaian Layanan Informasi Publik