web analytics

Blog

Mantan PM Jepang Puji Kinerja Ekonomi Indonesia Pada Pemerintahan Presiden SBY

Oleh: Alfurkon Setiawan ; Diposkan pada: 20 Dec 2013 ; 14961 Views Kategori: Apresiasi RI

sby_fukuda_1Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Yasuo Fukuda memuji kinerja Indonesia, terutama di bidang ekonomi,  luar biasa dalam sembilan tahun ini,  di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Menurut Pak Fukuda, tidak ada negara lain yang demokratis sebesar Indonesia bisa mencapai percepatan perekonomian sebesar itu,” kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha sesuai pertemuan Yasuo Fukuda dengan Presiden SBY  di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/12).

Julian menambahkan, Fukuda menyampaikan apresiasinya selaku pribadi dan juga dari komunitas pebisnis Jepang. Fukuda saat ini adalah Ketua Japan-Indonesia Association (Japinda).

Pertemuan di Istana Bogor ini merupakan lanjutan dari pertemuan di Tokyo, Jepang  saat Presiden SBY berkunjung ke Jepang, pekan lalu. Saat itu, Presiden SBY bertemu Fukuda bersama sejumlah CEO perusahaan terkemuka Negeri Sakura. Dalam pertemuan di Tokyo tersebut sejumlah CEO berkomitmen untuk meningkatkan investasi mereka di Indonesia.

Empat Kali Lipat

Julian mengatakan, Fukuda teringat ketika pelantikan Presiden SBY sebagai Presiden tahun 2004. Saat itu, pendapatan per kapita Indonesia baru sekitar 1.000 dollar AS. Sekarang, kata Julian, telah mencapai 4.000 dollar AS per kapita.

“Jadi berarti empat kali lipat dalam sembilan tahun kepemimpinan Presiden SBY. Ini sesuatu yang tidak biasa atau bisa dikatakan luar biasa menurut Pak Fukuda,” ujar Julian.

Presiden SBY menjelaskan bahwa apa yang dicapai Indonesia saat ini, termasuk konsumsi domestik yang kian meningkat, memberikan potensi atau peluang peningkatan kerja sama ekonomi dengan Jepang di masa yang akan datang.

Julian menambahkan, Fukuda berharap agar pebisnis Jepang memperoleh kesempatan lebih untuk melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia. Enam perusahaan raksasa Jepang telah berkomitmen kuat untuk berinvestasi di Indonesia.

“Jepang menjadi mitra atau negara yang berinvestasi terbesar di Indonesia sejak September 2013. Komunitas Pebisnis Jepang berharap untuk peningkatan kerja sama di bidang perekonomian dan bidang-bidang lainnya,” jelas Julian.

Dalam kesempatan itu, Julian menyebutkan, bahwa enam perusahaan terbesar di Jepang yang berkomitmen untuk menanamkan investasi di Indonesia di sektor infrastruktur, pangan, pendidikan, kesehatan, dan sektor lain.

Yasuo Fukuda menjadi PM ke-91 Jepang pada September 2007 hingga September 2008. Putra sulung PM ke-67 Jepang Taeo Fukuda ini mengundurkan diri dari jabatannya pada 1 September 2008.(AOS/Humas Setkab/ES)

 

Artikel lainnya :