web analytics

Blog

Menkes Tetapkan Gubernur NTB Sebagai Duta ASI Daerah

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 30 Mar 2017 ; 2528 Views Kategori: Nusantara
Menkes Nila F. Moloek menyematkan Pin kepada Gubernur NTB Zainul Majdi selaku Duta ASI Daerah, di Mataram, NTB, Rabu (29/3) siang.

Menkes Nila F. Moloek menyematkan Pin kepada Gubernur NTB Zainul Majdi selaku Duta ASI Daerah, di Mataram, NTB, Rabu (29/3) siang.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. TGH M Zainul Majdi ditetapkan sebagai Duta ASI (Air Susu Ibu) Daerah oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, SpM (K) saat mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Provinsi NTB, di Hotel Grand Legi, Mataram, NTB, Rabu (29/3) siang.

Penetapan Gubernur NTB sebagai Duta ASI Daerah itu didasarkan atas pertimbangan bahwa NTB adalah provinsi dengan cakupan ASI Eksklusif tertinggi di Indonesia. Penyematan pin kepada Gubernur NTB sebagai duta ASI juga mencerminkan upaya penguatan peran keluarga atau suami dalam mendukung pemberian ASI.

Menkes mengapresiasi Gubernur NTB sebagai Duta ASI dan berharap dapat diikuti oleh Gubernur lainnya.

Sementara Gubernur NTB M. Zainul Majdi mengapresiasi upaya Kementerian Kesehatan yang telah menetapkan Duta ASI Daerah untuk memasyarakatkan penggunaan ASI ekslusif bagi anak-anak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

”Gizi buruk bisa dihindari jika para ibu bisa memberikan asi eksklusif kepada anak mereka,” kata TGH Zainul Majdi.

Gubernur menegaskan, bahwa Provinsi NTB sadar betul bahwa isu kesehatan adalah isu yang sangat penting dan strategis. Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat tidak cukup dengan alokasi anggaran yang tinggi.

”Provinsi NTB telah mengalokasikan anggaran yang cukup tinggi dalam bidang kesehatan, yaitu sebesar 10%. Namun, hal itu belum cukup untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, butuh kesungguhan dari berbagai pihak terutama keterlibatan dari masyarakat,” ujar Zainul.

Gubernur mengajak kepada lembaga adat dan pihak terkait agar sama-sama menyadarkan para ibu untuk memberikan ASI kepada anak-anaknya. ”Hak anak yang paling penting untuk dipenuhi adalah dengan memberikan ASI yang terbaik dan eksklusif,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj.Erica Zainul Majdi, Ketua BKOW Provinsi NTB Hj. Syamsiah M. Amin, dan Kepala SKPD terkait. (Humas Pemprov NTB/ES)

Artikel lainnya :