web analytics

Blog

Mulai Senin, Portal Setkab Memiliki ‘Wajah Baru’

Oleh: Alfurkon Setiawan ; Diposkan pada: 22 Sep 2014 ; 80203 Views Kategori: Berita

Wajah Baru-1Setelah mengudara beberapa waktu lamanya, portal Sekretariat Kabinet setkab.go.id terhitung mulai Senin (22/9) berganti dengan wajah baru. Perubahan wajah www.setkab.go.id hasil kerjasama dengan Bank Mandiri ini, diresmkan penggunaannya oleh Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Ibnu Purna Muchtar S.E., M.A dalam sebuah acara sederhana di Aula Sekretariat Negara, Jakarta, Sesin (22/9).

Dalam sambutannya Waseskab Ibnu Purna Muchtar S.E., M.A mengharapkan portal Sekretariat Kabinet setkab.go.id tetap menjadi media informasi pemerintah yang terdepan dan rujukan media nasional.

Merujuk angka kunjungan setkab.go.id sejak pertama kali diluncurkan 2008 dengan hanya ratusan orang, pada 2011 angka pengunjung 279, pada 2012 dengan jumlah pengunjung 1,1 juta, dan mencapai puncaknya pada 2013 dengan 5,5 juta Ibnu Purna  menilai betapa situs ini diterima masyarakat.

“Indikasi tersebut menegaskan bahwa info setkab.go.id memang dibutuhkan. Dan ini mematahkan mitos bahwa website milik pemerintah lembat dan tidak update,” kata Ibnu Purna seraya menambahkan bahwa setkab.go.id telah membuktikan menjadi rujukan bagi masyarakat dalam mencermati pemberitaan yang berkembang atas suatu isu kebijakan dan permasalahan.

Ibnu Purna mengharapkan setkab.go.id terus  memberikan informasi secara cepat dan tepat mengenai kebijakan dan program Pemerintah, terutama arahan, sikap, dan keputusan Presiden baik dalam menanggapi sebuah isu kebijakan, produk hukum, pelaksanaan sidang kabinet, maupun diseminasi atas pelaksanaan/perkembangan suatu kebijakan dan program kabinet.

Sementara Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi, yang hadir pada acara ini, mengatakan bahwa pembuatan design baru setkab.go.id merupakan program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Bank Mandiri.

Riswinandi menilai setkab.go.id sejalan dengan kebijakan Bank Mandiri yang bertekad menyebarkan informasi dan edukasi dikalangan masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia di manca negara.

Sebelumnya Ketua Desk Informasi setkab.go.id Yuli Harsono mengatakan, keunggulan situs ini antara lain menyampaikan informasi kebijakan pemerintah yang terbaru, misalnya ada peraturan perundang-undangan terbaru, maka inti pokok peraturan perundang-undangan baru tersebut diberitakan di situs setkab.go.id. Sedangkan dokumen peraturan perundang-undangannya bisa diakses melalui Fitur Sistem Informasi Perundang-undangan.

Selain itu, situs ini memberikan layanan informasi kepegawaian melalui Fitur Sistem Informasi Kepegawaian. “Dengan adanya layanan ini, para PNS  cukup memasukkan nomor induk pegawai (NIP) untuk mengetahui proses status kepegawaiannya, tidak perlu menunggu lama seperti kalau menggunakan layanan surat-menyurat,” katanya.

Masyarakat juga bisa mengakses langsung hasil-hasil sidang kabinet melalui Fitur Sistem Informasi Sidang Kabinet.

Sejak lahirnya 2008, setkab.go.id telah mengalami tiga kali perubahan wajah untuk mengikuti perkembangan zaman. Perubahan mendasar kali ini terutama untuk menyesuaikan kebiasaan pengunjung menggunakan mobile phone atau smartphone. Peluncuran wajah baru setkab.go.id dihadiri para pejabat eselon 1,2, dan 3 di lingkungan Setkab.

Hadir dalam peluncuran wajah baru www.setkab.go.id itu antara lain Deputi Administrasi Sstkab Djadmiko, Deputi Perekonomian Ratih Nurdiati, Deputi Kesra Surat Indijarso, Staf Ahli Seskab Faried Utomo, dan para pejabat eselon II dan III di lingkungan Sekretariat Kabinet. (WID/Humas Setkab/ES)

Artikel lainnya :