Selasa, 17 April 2012 - 09:44 WIB
Pemerintah Kaji Insentif Pengurangan Pajak Untuk Proyek MP3EI
Oleh : Desk Informasi
- Dibaca: 764 kali



Pemerintah saat ini tengah mengkaji kemungkinan pemberian insentif tambahaan berupaya pengurangan pajak bagi proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Deputi Menko Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Luki Eko Wuryanto di Jakarta, Senin (16/4), menjelaskan pemberian insentif tambahan ini masih berada dalam proses pengkajian di Komite Percepatan dan Perluasan pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI).

Selain itu, pihaknya merasa perlu ada pembicaraan lebih lanjut mengenai masalah itu dengan Menteri Keuangan sehingga tidak akan menganggu APBN. “Insentifnya berupa pengurangan pajak, kita berharap setidaknya bisa secepatnya (selesai),” tandas Luki.

Pemberian insentif pengurangan pajah diharapkan idapat menjadi pemacu investor atau pihak swasta untuk membangun infrastruktur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, baik berupa jalan, listrik, maupun pelabuhan.

Senada dengan Luki, Anggota KP3EI Aviliani mengatakan pemberian insentif pengurangan pajak bagi pembangunan infrastruktur masih terus dikaji. “Itu belum kita putuskan, baru kita kaji dan baru kita akan bahas apa saja proyek-proyeknya. Apakah akan diberikan pada perbankan atau pada pekerjaannya belum tahu,” jelas Aviliani.

Kendati demikian, menurut Aviliani, kemungkinan proyek-proyek infrastruktur MP3EI yang strategis akan menjadi prioritas utama dalam pemberian insentif ini. “Yang jelas nantinya insentif tersebut diberikan untuk proyek-proyek infrastruktur yang strategis,” pungkasnya.(Depkeu, ES)