web analytics

Blog

Pengantar Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (2/5) di Kantor Presiden

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 2 May 2017 ; 4518 Views Kategori: Transkrip Pidato
Logo-Pidato2-8-1Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat selamat,sore salam sejahtera bagi kita semuanya.
Saya melihat Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang bisa menjadi lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi di Pulau Sulawesi dan bahkan di kawasan Timur Indonesia.
 Tahun 2016, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan 7,41%, ini angka di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Dan hampir separuh atau sekitar 49,6%, perekonomian di Pulau Sulawesi terletak di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Selatan juga menjadi simpul utama konektivitas yang menghubungkan antar daerah di Indonesia timur.

Saya yakin Sulawesi Selatan bisa tumbuh lebih cepat lagi dengan fokus kepada pengembangan  sektor pertanian dan perikanan, sektor pengolahan dan perdagangan. Dan data yang saya peroleh, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan terutama tanaman pangan masih merupakan sektor yang dominan dalam perekonomian Sulawesi Selatan dengan kontribusi sebesar 23,29%.
 Dan saya minta pengembangan sektor pertanian ini terus betul-betul diperhatikan karena sektor Ini bukan saja menyerap banyak tenaga kerja, tapi bisa menjadi pintu masuk untuk mensejahterakan rakyat, utamanya petani kita. Hal ini selalu saya tekankan karena kita ingin perekonomian bisa tumbuh secara berkualitas di mana pertumbuhan itu bisa berkontribusi pada pengurangan kemiskinan dan memperkecil ketimpangan pendapatan.
Dan untuk menopang pertumbuhan sektor pertanian, saya minta infrastruktur pendukung, seperti bendungan, saluran irigasi harus dipersiapkan dengan baik. Begitu juga dengan akses permodalan melalui skema KUR. Dan juga pengembangan industri pengolahan yang berkaitan dengan kesiapan tenaga listrik, suplai air baku, sampai dengan infrastruktur jalan transportasi, termasuk kereta api dan pelabuhan harus juga disiapkan. Terkait dengan hal itu saya juga ingin mendapatkan laporan mengenai pengembangan pelabuhan Makassar New Port.
Demikian yang bisa saya sampaikan sebagai pengantar. sSaya persilakan Pak Gubernur Sulawesi Selatan untuk menyampaikan paparannya.

Artikel lainnya :