web analytics

Blog

Pengantar Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas tentang Memperkuat Peran Bulog dalam Ketahanan Pangan Nasionalis, 13 Oktober 2017 Pukul 16.00 WIB di Kantor Presiden

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 13 Jun 2017 ; 2283 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati, sebelumnya saya telah beberapa kali mengingatkan bahwa ketahanan pangan, kedaulatan pangan sangat penting bagi kita semuanya.

Pangan adalah soal hidup dan matinya bangsa. Dan saat ini yang dibutuhkan oleh rakyat bukan hanya ketersediaan pangan dengan kualitas yang baik, yang bergizi, yang harganya terjangkau tapi juga kita harus menjaga agar para petani, produsen pangan tidak selalu dikalahkan, sehingga kita harapkan mereka dapat hidup lebih sejahtera.

Untuk itu, diperlukan kehadiran negara untuk memastikan agar rakyat menjadi konsumen dan tidak menghadapi kesulitan dalam mendapatkan bahan pangan. Karena barangnya tersedia di pasar serta rakyat bisa membelinya dengan harga yang terjangkau.

Dan, negara juga harus hadir memastikan para petani sebagai produsen bisa semakin produktif, semakin sejahtera karena mendapatkan harga komoditas yang wajar dan adil.
Negara juga perlu hadir agar jalur distribusi komoditas pangan bisa lancar dan rantai perdagangan tidak terlalu panjang.

Saya kira itu yang bisa saya sampaikan sebagai pengantar dan saya persilakan Pak Menko atau Menteri Ka BULOG. Silakan.

Artikel lainnya :