web analytics

Blog

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pelepasan Ekspor Indonesia dengan Kapal Besar (Direct Call) Tahun 2018, 15 Mei 2018, di Jakarta International Container Terminal (JICT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 15 May 2018 ; 1977 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2-8Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Para Menteri Kabinet Kerja, Dirut Pelindo, serta Bapak-Ibu seluruh eksportir yang pada sore hari ini hadir.

Negara kita Indonesia tidak boleh berhenti bekerja. Indonesia harus terus bekerja, terus bergerak. Karena itu, pada sore hari ini saya datang ke Tanjung Priok dalam acara pelepasan ekspor pada sore hari ini. Dan melalui pelepasan ekspor dengan kapal besar kita ingin tunjukkan bahwa ekonomi kita tetap berjalan dengan baik, ekonomi kita tetap tangguh dan terus bergerak.

Tujuan ekspor pada sore hari ini adalah Amerika Serikat dengan kapal yang besar berkapasitas 10.000 TEUs dan kita mengisi 4.300 TEUs. Artinya, pengiriman ini besar sekali. Dilakukan dengan sangat efisien, dengan direct call. Ini akan menurunkan biaya logistik yang sangat besar. Tadi sudah disampaikan oleh Dirut Perindo bahwa setiap kontainer menghemat biaya kurang lebih 300 US Dollar dan ini akan memberikan daya saing produk-produk kita terhadap produk-produk dari negara lain.

Sore hari ini yang dikirim, yaitu produk-produk alas kaki, produk-produk garmen, kemudian produk-produk elektronik, dan banyak lagi yang lain. Bukan bahan mentah tetapi sudah bahan-bahan produksi produk-produk industri yang kita harapkan ini akan meningkatkan ekspor kita.

Saya juga ingin sampaikan bahwa ekspor kita ke Amerika Serikat pada sore hari ini adalah penanda bahwa Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam geoekonomi di Indo-Pasifik. Dan sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia sedang terus bergerak untuk menjadikan kawasan Indo-Pasifik sebagai salah satu sumber utama pertumbuhan ekonomi pusat perdagangan dan industri dunia. Di saat yang bersamaan, peningkatan ekspor seperti sekarang akan terus kita tingkatkan sehingga akan menguatkan pertumbuhan ekonomi kita.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

Terima kasih.
Saya tutup.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artikel lainnya :