web analytics

Blog

Selesai Dibangun, Bendungan Teritip di Balikpapan Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 13 Jul 2017 ; 2892 Views Kategori: Nusantara

Teritip-2Pembangunan Bendungan Teritip, di Provinsi Kalimantan Timur, yang dimulai sejak tahun 2014 dan telah selesai pada akhir 2016 lalu, saat ini dalam tahap pengisian atau impounding dan ditargetkan dapat segera beroperasi tahun ini.

Bendungan yang memiliki luas genangan 94,80 hektar dengan kapasitas 2,43 juta meter kubik itu akan menambah pasokan air baku Kota Balikpapan sebesar 250 liter/detik dari saat ini sebesar 1.000 liter/detik yang dipasok dari Bendungan Manggar. Kebutuhan air bersih untuk kota Balikpapan sendiri mencapai 1.600 liter/detik.

“Bendungan memiliki dua pompa, dimana satu pompa sebagai pompa cadangan. Air dari bendungan dialirkan menggunakan pompa ke PDAM,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Guna mendukung pemanfaatan bendungan tersebut, pada tahun 2017 ini juga tengah dilaksanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Teritip diatas lahan seluas 5 hektar yang akan rampung pada tahun 2018.

Selain berasal dari Bendungan Teritip sebesar 250 liter/detik, air baku bagi IPA Teritip juga akan dipasok dari Embung Aji Raden sebesar 150 liter/detik. (PKP Kementerian PUPR/ES)

Artikel lainnya :