web analytics

Blog

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Tahun 2019, 16 Mei 2019, di Istana Negara, Jakarta

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 16 May 2019 ; 3069 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2-8Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati para Ketua dan Pimpinan Lembaga-lembaga Negara,
Para Menteri Kabinet Kerja, Kapolri besar seluruh jajaran, Panglima TNI beserta seluruh jajaran,
Yang saya hormati Ketua Baznas beserta jajaran Pengurus Badan Amil Zakat Nasional,
Bapak-Ibu hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah pengumpulan dan penyaluran zakat yang dilakukan oleh BAZNAS, yang telah dimulai 2016 yang lalu di Istana, ini telah berjalan secara rutin dan ini dapat menjadi pilar penguatan keuangan syariah. Oleh sebab itu, potensi zakat yang besar di Indonesia harus bisa kita maksimalkan.

Dan tadi Bapak Ketua BAZNAS sudah menyampaikan, ada potensi Rp232 triliun dan yang baru bisa masuk ke BAZNAS  Rp8,1 triliun. Artinya, masih ada sebuah potensi yang sangat besar.

Dan kami juga sangat menghargai, tadi disampaikan oleh Pak Ketua (BAZNAS) bahwa rerata dalam lima tahun ini pertumbuhannya 26,64. Ini juga sebuah pertumbuhan yang sangat besar dan kita harapkan ke depan ada sebuah lompatan- lompatan pertumbuhan pengumpulan dan penyaluran zakat di negara kita.

Zakat sangat penting sekali untuk menggerakkan baik pertumbuhan ekonomi, mengentas kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Secara gamblang tadi secara angka-angka juga sudah disampaikan oleh Bapak Ketua BAZNAS.

Yang terakhir, saya mengajak kepada para muzakki untuk memberikan zakat melalui BAZNAS. Dan sesuai usul tadi Pak Ketua, nanti Pak Menteri Agama apakah sudah waktunya untuk dibuatkan Perpres bagi ASN. Kalau dianggap sudah perlu ya sudah dorong ke meja saya, tergantung Pak Menteri Agama. Sekali lagi, saya mengajak para muzakki untuk memberikan zakat melalui BAZNAS supaya lebih lama dan juga ada keteraturan dan benar-benar tepat penyalurannya kepada para mustahik.

Ke depan, saya harapkan sekali lagi dalam pengumpulan dan penyaluran zakat ini akan terintegrasi dengan digital dan database zakat yang betul-betul bisa kita kerjakan dengan sistem yang baik, yang lebih baik sehingga penyalurannya pun bisa berjalan efektif dan efisien.

Saya rasa itu yang bisa sampaikan pada kesempatan yang baik ini.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artikel lainnya :