web analytics

Blog

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Jalan Tol Trans Jawa Seksi Jawa Tengah, Ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo, 20 Desember 2018, di Jembatan Kali Kuto, Perbatasan antara Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 31 Dec 2018 ; 3061 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian,
Tadi pagi sudah kita resmikan di Jawa Timur untuk ruas Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Relokasi Porong-Gempol, Pasuruan-Grati sepanjang 59 kilometer. Siang hari ini di Provinsi Jawa Tengah akan kita resmikan tiga ruas: Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer. Artinya sejak hari ini, Merak sampai ke Grati di Pasuruan telah tersambung dan bisa dilewati. Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati.

Apa yang bisa kita harapkan dari adanya jalan tol ini? Yang pertama, kita ingin memberikan pilihan-pilihan kepada masyarakat, mau lewat Tol Trans Jawa silakan, mau lewat yang jalan nasional juga silakan. Karena kita ingin dengan dibangunnya jalan ini, mobilitas barang, mobilitas logistik, mobilitas orang menjadi bisa lebih cepat lagi. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah. Kita juga ingin setelah terbangunnya tol  ini, bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan industri, bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan ekonomi khusus, bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan wisata. Dan kita akan terus mendorong agar investasi-investasi bisa masuk ke kawasan-kawasan industri, baik yang baru maupun pengembangan yang lama. Dan kita harapkan dengan investasi ini, lapangan kerja akan terbuka sebanyak-banyaknya.

Yang kedua, juga yang berkaitan dengan kawasan wisata. Kita ingin kawasan-kawasan wisata yang terlalui oleh jalan tol ini bisa dikembangkan lebih baik lagi sehingga wisatawan yang datang juga lebih banyak. Dan kita harapkan bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik kepada daerah-daerah yang dilalui.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Silakan yang ingin mencoba dari Merak sampai Pasuruan atau Jakarta sampai ke Surabaya. Mumpung masih gratis, yang baru, yang baru, tolong diberi garis bawah, yang baru masih gratis bisa dicoba berapa jam sekarang. Dulunya berapa jam, sekarang berapa jam. Itulah yang tadi saya sampaikan bisa lebih cepat.

Saya tutup, terima kasih.

Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer saya nyatakan resmi dibuka.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artikel lainnya :