web analytics

Blog

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair 2019, 24 April 2019, di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Provinsi DKI Jakarta

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 24 Apr 2019 ; 3230 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati Yang Mulia, Bapak-Ibu sekalian hadirin yang berbahagia,
Setiap saya datang ke Inacraft, saya melihat bahwa ajang pameran ini naik kelas dari tahun ke tahun, kualitas produk-produknya juga semakin baik. Dan memang itu yang kita inginkan agar produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksinya, naik kualitasnya, naik daya saingnya, naik desainnya, dan naik pamornya, utamanya untuk kualitas ekspornya.

Dan tadi juga disampaikan bahwa jumlah IKM kerajinan ini sudah sampai 700.000 unit usaha yang menyerap hampir 1,3 juta tenaga kerja. Ekspornya juga terus meningkat, padahal itu baru 1,26 persen dari total pangsa pasar dunia. Masih sangat kecil sekali dan masih bisa kita tingkatkan lebih besar lagi. Bayangkan kalau pangsa pasar naik artinya akan lebih banyak IKM kita yang berkembang dan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bisa terangkut dari kegiatan kerajinan kita ini.

Karena itu, saya selalu menyampaikan kita harus terus kreatif, inovatif dalam mendobrak pasar, penetrasi pasar internasional produk-produk kerajinan kita, mencari pasar-pasar nontradisional, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan estetika dari produk-produk kerajinan Indonesia. Kemudian brand-brand juga terus harus ditingkatkan. Bahwa pasar internasional ini juga sangat menyukai sekali dengan brand.

Dan tadi juga disampaikan oleh Ketua ASEPHI bahwa sedang di kembangkan Inacraft online. Ini penting sekali. Saya sangat mendukung. Dan memang eranya juga era digital sehingga setiap saat calon-calon pembeli dari mancanegara dapat mengakses produk-produk kerajinan Indonesia lewat online system.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Sekali lagi, saya sangat menghargai, mengapresiasi Inacraft yang sudah 21 tahun berjalan ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmi membuka Inacraft 2019.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artikel lainnya :