Hadap Presiden, Toyota Ingin Jadikan Indonesia Basis Produksi

By Alfurkon Setiawan
Date 10 November 2012
Category: Appreciation
Read: 3.669 Views

sby-toyotaToyota Motor Corporation, Jepang, dibawah pimpinan tertingginya Akio Toyoda dan Koichi Ina, Presiden Daihatsu Motor Corp menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, pada Sabtu (10/11) pagi.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan di dalam perrtemuan yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut, Toyota Group menyatakan niatnya menjadikan Indonesia sebagai tempat basis produksi.

“Pemerintah menyambut baik hal ini seiring dengan peningkatan pasar dalam negeri,” kata Hatta tanpa merinci lebih jauh.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Jhony Darmawan menjelaskan, pertemuan dengan Presiden di antaranya membicarakan rencana perusahaan otomotif raksasa asal Jepang itu untuk menambah investasinya di Indonesia sebesar hingga mencapai Rp26 triliun.

“Tadi dibicarakan investasi yang cukup besar, sebesar Rp26 triliun dalam waktu tiga-empat tahun mendatang,” kata Jhony kepada wartawan usai pertemuan di Kantor Presiden, Sabtu (10/11).

Investasi sebesar Rp26 triliun itu, lanjut Jhony, setara dengan total investasi selama Toyota berkembang di Indonesia 40 tahun yang lalu.

Selain soal investasi, kedatangan jajaran direksi Toyota Group itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama yang telah terjalin. Toyota Group, tidak hanya berbicara masalah membuat mobil tapi bagaimana membuat suplier menjadi industri.

Menurut Johny, Presiden SBY menyambut baik rencana yang disampaikan Toyoda itu.

“Presiden mengharapkan Toyota bisa investasi dari hulu ke hilir,” kata Johny.

Delegasi yang diterima Presiden Yudhoyono antara lain, Presiden dan Perwakilan Direktur Toyota Motor Corporation Jepang Akio Toyoda, Direktur Utama PT Toyota Astra Motor Indonesia Johny Darmawan Danusasmita, dan Presiden Daihatsu Motor Corporation Koichi Ina.

Kemudian, Direktur Utama Toyota Auto Body Corporation Takuji Amioka, Presiden dan CEO Denso Corporation Jepang Nobuaki Katoh, Presiden Aisin Seiki Corporation Jepang Fumio Fujimori, Presiden dan CEO Toyota Tsusho Corporation Jepang Jun Karube, dan Pejabat Pelaksana Osamu Nagata.

Sementara Presiden SBY didampingi antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Seusai menerima delegasi Toyota, Presiden melakukan peninjauan pameran Indo Defence Group 2012 2xpo dan Forum di JI Expo Kemayoran.

(*/ES)

Latest Appreciation