KBRI Madrid Peringati 10 Tahun Rekonstruksi Aceh

By Alfurkon Setiawan
Date 4 September 2014
Category: Pro People
Read: 7.316 Views

orang_aceh_di_madridKedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI di Madrid, Spanyol, memperingati 10 tahun Rekonstruksi Aceh pasca-Tsunami 2004 dengan menggelar pameran foto dokumentasi, operasi kemanusiaan, dan rekonstruksi oleh para relawan Spanyol di Aceh periode 2004 – 2005.

Selain itu, KBRI di Madrid mengadakan jamuan santap malam bertema “Un Recuerdo de Aceh” (Sebuah suvenir dari Aceh) yang didedikasikan bagi para relawan dari Spanyol, baik warga negara Spanyol maupun WNI yang tinggal di Spanyol.

Menteri Penayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, yang juga mantan Wakil Gubernur Nangroe Aceh Darussalam/NAD (2000 – 2005) dan Plt. Gubernur NAD (2005-2007), hadir dalam kedua acara itu yang berlangsung di Wisma Duta RI di Madrid pada 31 Agustus 2014.

Dari pihak Spanyol dihadiri Laksamana Antonio Hernandez Palacios, Komandan Kapal Galicia dan Ketua Tim Operasi Kemanusiaan Spanyol ke Aceh 2005-2006, dan Juan Pablo Diaz de Avila dari Palang Merah Spanyol (Cruz Roja de España), serta Emilio de Miguel Calabia dari Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Spanyol.

Sejumlah anggota Angkatan Laut Kejaraan Spanyol (Armada España), wakil dari Satuan Pemadam Kebakaran Spanyol (Bomberos España) dan para relawan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), termasuk beberapa WNI dalam Tim Relawan Spanyol juga hadir dalam kedua acara itu.

Para duta besar negara sahabat dari ASEAN, Bosnia Herzegovina dan Belanda, serta mantan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia turut hadir di dalamnya.

Menurut Yuli Mumpuni, kegiatan tersebut mengawali rangkaian kegiatan yang akan berlangsung sepanjang 2015, antara lain Pameran Foto di KBRI Madrid, terbuka untuk selama bulan Januari 2015, kemudian Bazar Persahabatan Indonesia – Spanyol dengan tema Semangat Solidaritas dari NAD pada bulan Mei 2015 dan seminar tentang upaya memperkuat solidaritas internasional, di Madrid pada bulan Juni 2015. (Humas KBRI Madrid/ES)

Latest Pro People