Pemprov Gorontalo Siap Sambut Kunjungan Presiden Jokowi

By Humas
Date 5 Desember 2014
Category: National
Read: 4.090 Views

GorontaloSetelah memberikan pengarahan kepada sejumlah petinggi TNI AD (Pangdam, Danrem dan Dandim) serta menghadiri kegiatan penutupan Apel Komandan Satuan (Dansat) se-Indonesia di Desa Sulung Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi Provinsi Gorontalo guna menghadiri sekaligus membuka Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jumat (5/12).

Untuk mengamankan rencana kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan unsur TNI dan Polri sejak kemarin malam sudah mulai mematangkan pengamanan serta acara penyambutan.

Beberapa unsur gabungan TNI/Polri dan Satpol PP bahkan sudah menggelar apel kesiapan pengamanan pada Kamis (4/12) pagi. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen Bachtiar selaku Panglima Operasi Pengamanan Presiden (Pangopspam).

“Kami sudah siap untuk pengamanan presiden. Kesiapan personil dan peralatan sudah kami cek tadi bareng pak gubernur dan Wakapolda. Mudah mudahan pelaksanaannya nanti berjalan aman, lancar dan sukses,” ujar Jenderal Bintang Dua itu.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengaku antusias atas kunjungan kerja mantan walikota Solo ini di wilayah kerjanya. “Rencananya setibanya pak Presiden Jumat (5/12) sore kita gelar penyambutan adat “Mopotilolo” di bandara. Penyambutan adat untuk petinggi negeri yang baru pertama kali menginjakan kaki di bumi Hulondhalo. Setelah itu malamnya beliau diagendakan untuk membuka Silaknas ICMI. Sabtu keesokan harinya akan ada peninjauan sejumlah proyek APBN,” terang Rusli.

Gubernur juga menambahkan, kunjungan Presiden ini merupakan kehormatan bagi rakyat Gorontalo. Oleh karenanya segala sesuatu yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan baik, ujar Politisi partai Golkar itu.

Datang didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Presiden juga diagendakan untuk mengunjungi sejumlah proyek APBN seperti pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR), revitalisasi Danau Limboto serta pengembangan Bandar Udara Djalaluddin. (*/ram/es)

 

Latest National