Pemerintah Targetkan Investasi MP3EI Capai Rp. 4.000 Triliun

By Alfurkon Setiawan
Date 3 Juni 2013
Category: MP3EI @en
Read: 2.684 Views

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengemukakan bahwa sejak Program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) ditetapkan pada tahun 2011, banyak proyek yang telah terealisasi menghabiskan dana investasi hingga mendekati sekitar Rp. 600 triliun. Adapun sumber pendanaan untuk proyek-proyek tersebut berasal dari APBN, BUMN, dan swasta.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, pemerintah akan mengembangkan proyek-proyek MP3EI sampai dengan tahun 2025. “Pada tahun 2013-2014 Pemerintah menargetkan beberapa proyek MP3EI yang bisa segera di groundbreaking. Proyek-proyek tersebut diperkirakan membutuhkan dana dengan total investasi sebesar Rp. 4.000 triliun,” ungkapnya.

Untuk tahun 2013-2014, lanjut Hatta,  ada sekitar 15 proyek MP3EI yang telah siap untuk dilakukan groundbreaking. Proyek-proyek tersebut sebagian besar adalah proyek pembangunan infrastruktur.

Sedangkan untuk proyek besar yang menjadi prioritas utama yang akan segera dikerjakan pada tahun 2013 adalah proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera sepanjang 2.000 km yang diperkirakan selesai pada tahun 2020. Untuk proyek ini, Pemerintah memberi dukungan dana dari APBN sebesar 2 triliun.

MP3EI merupakan  program utama Pemerintah yang bertujuan untuk mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi di 6 (enam) koridor di seluruh wilayah Indonesia, karena mengingat selama ini pembangunan ekonomi terutama hanya dipusatkan di Pulau Jawa.

Hal itu dapat dilihat, bahwa hampir sekitar 57,5% aktivitas perekonomian Indonesia terjadi di Pulau Jawa, sedangkan Sumatera hanya sekitar 39,3%, Kalimantan sebesar 3%, dan sisanya Sulawesi, Bali, NTB, dan Papua hanya sebesar 2,5%.

(Keasdepan Bidang Industri, UKM, Perdagangan, dan Ketenagakerjaan)

Latest MP3EI @en