web analytics

Blog

Hubungkan Antar Terminal, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Sudah Beroperasi

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 18 Sep 2017 ; 2001 Views Kategori: Nusantara
Menhub Budi K. Sumadi didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan beroperasinya Skytrain Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (16/9). (Foto: Humas Kemenub)

Menhub Budi K. Sumadi didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan beroperasinya Skytrain Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (16/9). (Foto: Humas Kemenub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, meresmikan beroperasinya Automated People Mover System (APMS) atau lebih dikenal dengan sebutan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Sabtu (16/9).

Dalam sambutannya, Menhub Budi K. Sumadi mengemukakan, bahwa Bandara Soekarno-Hatta adalah showcase Indonesia. Oleh karenanya, menjadi (suatu) keharusan untuk menampilkan Bandara Soekarno-Hatta bukan hanya cantik tapi juga memiliki fungsi sama baiknya dengan bandara terkemuka lainnya di dunia.

Saat ini, lanjut Menhub, Skytrain masih beroperasi terbatas. Namun pada bulan Desember 2017 nanti, Menjub menjanjikan Skytrain akan terhubung ke seluruh terminal yang ada di Bandata Soekarno-Hatta.

“Saya sampaikan pada bulan Desember 2017 nanti terminal 1 sampai terminal 3 akan terhubung dengan Skytrain dan Kereta Api Bandara dari Dukuh Atas. Jadi nanti kalau kita berhenti di stasiun utama bila akan ke terminal 2 dan 3 bisa tanpa menggunakan kendaraan,” tegas Menhub.

Menhub mengapresiasi Menteri BUMN dan PT Angkasa Pura II yang bekerja sangat luar biasa karena dapat mengerjakan Skytrain ini dalam satu tahun. “Itu tidak mudah dan saya ucapkan selamat kepada PT. Angkasa Pura II,” ujarnya.

Direktur Utama PT. Angkasa Pura II M. Awaluddin menjelaskan pada tahap 1 ini baru melayani terminal 2 dan terminal 3. Namun, nantinya pada Oktober 2017, Skytrain akan melayani kesuluruhan terminal penumpang yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

“Tahap 1 ini Skytrain baru beroperasi dari terminal 2 ke terminal 3 begitupun sebaliknya dengan waktu tempuh 5 menit, jam operasi Skytrain saat ini dibagi menjadi 3 kali yaitu mulai pukul 07.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB,” kata Awaluddin.

Pada pengoperasian tahap 1 ini, menurut Awaluddin, Skytrain dilengkapi dengan 1 trainset yang terdiri dari 2 gerbong kereta yang mampu mengangkut 176 penumpang dalam satu kali perjalanan. (Humas Kemenhub/ES)

 

Artikel lainnya :