web analytics

Blog

Punya Koleksi Ratusan, Presiden Jokowi: Batik Adalah Identitas Kita Yang Mendunia

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 2 Oct 2015 ; 96921 Views Kategori: Berita
Presiden Jokowi melihat laporan yang diberikan Dirut Bulog saat meninjau Gudang Bulog, di Jakarta Timur, Jumat (2/10)

Presiden Jokowi mengenakan baju batik saat meninjau Gudang Bulog, di Jakarta Timur, Jumat (2/10)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sering kali menggunakan pakaian batik di berbagai kegiatan, baik saat menerima tamu kenegaraan, melakukan kunjungan kerja, maupun berbagai kegiatan di Istana Kepresidenan mengaku sebagai penggemar batik.

“Dari dulu saya pecinta batik. Batik adalah identitas kita yang mendunia. Selamat #HariBatikNasional ,” tulis Presiden Jokowi dalam akun twitternya @jokowi yang diunggahnya pada Jumat (2/10) beberapa saat lalu.

Sebagai penggemar batik, Presiden Jokowi melalui fan page fabooknya hari Jumat (2/10) mengaku bangga karena batik telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Menurut Presiden Jokowi, batik adalah kekayaan budaya bangsa sekaligus penggerak ekonomi sebagian rakyat Indonesia. Karena itu, Presiden Jokowi mengajak semua wargamasyarakat untuk mendorong para pengrajin batik terus berkarya dengan ide-ide kreatif.

“Batik harus menjadi industri kreatif berkelas dunia. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2015,” tulis Presiden Jokowi dalam fan page facebooknya.

Koleksi Ratusan

Sebelumnya saat ditanya wartawan di sela-sela peluncuran Operasi Pasar Beras, di di Gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (2/10) pagi, mengaku, punya ratusan koleksi batik, yang corak dan motifnya berasal dari Sabang sampai Merauke.

Berapa jumlahnya Pak?  “Enggak pernah ngitung. Ada ratusanlah,” jawab Presiden Jokowi.

Mengenai siapa yang merancang baju-baju batik yang dikenakannya, menurut Presiden Jokowi, seluruhnya dirancang Ibu Negara Iriana Widodo. Tidak ada desainer khusus yang disewa untuk merancang baju-baju batik milik Presiden Jokowi.

(SKT/AGG/ES)

Artikel lainnya :