web analytics

Blog

SBY Masuk Daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Oleh: Alfurkon Setiawan ; Diposkan pada: 3 Dec 2012 ; 6126 Views Kategori: Apresiasi RI

bukuPresiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama sejumlah tokoh muslim Indonesia, di antaranya mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Presiden Abdurrahman Wahid, dan KH Abdullah Gymnastiar atau biasa dikenal dengan nama Aa Gym masuk dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia (The 500 Most Influential Muslim), yang disusun oleh Royal Islamic Strategic Studies Center (RISC) di Yordania.

Dalaf daftar tersebut, Presiden SBY yang pada tahun sebelumnya berada di peringkat 10, kini naik ke peringkat 9 karena dianggap berhasil dalam melakukan kampanye garakan anti terorisme., pengembangan demokrasi, dan penyelesaian sengketa Aceh dan Papua secara damai.

Menempati tokoh nomor satu adalah Raja Abdullah dari Arab Saudi. Di peringkat kedua adalah Pemimpin Iran Ayatollah Khamaeni, lalu disusul oleh Raja Maroko Muhammad VI di peringkat tiga.

Sejumlah tokoh Indonesia juga masuk ke dalam 500 muslim paling berpengaruh di dunia. Mereka adalah mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi (18) Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Siradj (19), Din Syamsuddin (35), dan KH Abdullah Gymnastiar (48).

“Bukan bermaksud sombong atau ujub, saya bersyukur bisa jadi aktivis Islam asal Indonesia yang bisa sejajar dengan tokoh-tokoh dunia. Semoga ini bisa mengangkat warga NU juga,” jelas Kiai Said melalui BlackBerry Messenger, Senin (3/12), sebagaimana dikutip Republika On Line.

Dalam pengantar, RISC berharap buki ini bisa menjadi panduan bagi lahirnya tokoh-tokoh gerakan Islam di dunia.  “Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi tokoh-tokoh yang menggerakan dunia Islam,” seperti dikutip dalam pengantar buku tersebut.(**/ES)

Artikel lainnya :