web analytics

Blog

Tingkatkan Layanan Berbasis Teknologi, Gubernur Kepri Tinjau KIIS dan KSP

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 4 Jan 2018 ; 2799 Views Kategori: Nusantara
Gubernur Nurdin saat meninjau Kepri Smart Province (KSP) di Tanjungpinang, Rabu (3/1). (Foto: Humas Kepri)

Gubernur Nurdin saat meninjau Kepri Smart Province (KSP) bersama Kepala BP Batam di Tanjungpinang, Rabu (3/1). (Foto: Humas Kepri)

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Nurdin Basirun kembali menekankan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan karena salah satu sumber keunggulan kompetitif atau daya saing suatu daerah adalah inovasi.

“Inovasi memegang peranan penting dalam pembangunan daerah. Berbagai terobosan  dan ide-ide segar dalam sistem  birokrasi akan mendorong suatu daerah menjadi lebih maju dan berkembang,” ujar Nurdin usai meninjau Kepri Integrated Information System (KIIS) di Kantor Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (03/01).

Sebagai informasi, KIIS merupakan dashboard yang mengintegrasikan penyajian informasi dan pelaporan  atas pengelolaan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang menggunakan sejumlah sistem aplikasi dengan fungsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana. Aplikasi ini menjadi pintu gerbang informasi terkait tata kelola perencanaan pembangunan, tata kelola belanja dan pendapatan, belanja barang dan jasa, dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengucapkan terima kasih dan bangga terhadap prestasi serta inovasi yang telah ditorehkan oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Riau beserta jajarannya.

“Dahulu, Dinas Kominfo termasuk salah satu dinas mendapatkan rapor merah dalam penilaian kinerja pemerintahan. Namun perlahan dan pasti kini nilainya telah berubah jadi hijau, bahkan hijau pekat. Saya berharap keberhasilan yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo bisa ditiru dan diterapkan oleh OPD lainnya di Provinsi Kepulauan Riau agar punya semangat dan keinginan yang sama untuk membangun daerah agar berprestasi,” harap Nurdin.

Tinjau Kepri Smart Province

Usai kunjungi KIIS, Gubernur Kepri bersama Sekda Prov Kepri H. TS. Arif Fadillah melakukan peninjauan ke Gedung Kepri Smart Province (KSP) di Tanjungpinang, Rabu (3/1). Nurdin mengatakan bahwa salah satu hal yang dilakukan untuk mempercepat pelayanan bagi masyarakat adalah dengan diterapkannya teknologi informasi dalam lingkup pemerintah.

“Di Zaman Now dengan peradaban yang semakin modern kita dituntut untuk cepat dan tanggap dalam bekerja, salah satu hal yang dibutuhkan adalah penerapan teknologi Informasi,” ujar Nurdin.

Adanya KSP, lanjut Nurdin, bisa lebih memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan data seputar Kepri tanpa perlu melewati sistem administrasi yang selama ini terkesan berbelit-belit dengan hanya mengakses melalui media internet.

Sementara itu, Sekda Arif mengatakan bahwa dengan keberadaan KSP sendiri merupakan bentuk komitmen dari Pemerintah Provinsi Kepri dalam hal menjalankan fungsi pelayanan publik berbasis elektronik.

“Kita sadari bahwa di zaman yang semakin modern ini kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman, dengan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks diharapkan sistem berbasis teknologi mampu menjawab semua kebutuhan masyarakat,” ujar Arif.

KSP sendiri mulai Februari mendatang akan terbuka untuk publik dengan menyediakan akses yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan data, didalam gedung juga tersedia Kepri smart conference, Kepri digital exhibition serta tersedia pula ruang meeting. (Humas Kepri/EN)

Artikel lainnya :