1 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK, Teten: Ini Momen Pemerintah Bangun Pondasi Yang Kuat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Oktober 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 29.038 Kali

MangkrakKepala Staf Presiden, Teten Masduki, mengemukakan, bahwa dalam satu tahun pertama ini pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) lebih difokuskan pada pembangunan pondasi yang kuat, baik dalam sektor ekonomi maupun sektor yang lainnya.

“Keadaan internal dan ekonomi global yang dihadapi sekarang ini adalah momen pemerintah untuk melakukan berbagai pembenahan serta membangun pondasi yang kuat,” kata Teten menjawab wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/10), menanggapi penilaian sejumlah pihak atas kinerja satu tahun Pemerintahan Jokowi – JK.

Teten menjelaskan, dalam satu tahun pemerintahan Jokowi – JK ini, inefisiensi ekonomi dipangkas, birokrasi yang panjang dan perizinan yang rumit disederhanakan.

Selain itu,  lanjut Teten, pemerintah juga tengah melakukan konsolidasi politik, konsolidasi birokrasi, dan juga pembangunan infrastruktur.

“Juga mengubah mindset dengan pendekatan revolusi mental,” tegas Teten.

Menurut Kepala Staf Presiden itu, pemerintah sedang mengubah, banyak infrastruktur yang dulu tidak dibangun sekarang dibangun, kebutuhan listrik, kebutuhan untuk mendukung industrialisasi masa depan dipenuhi dengan pembangunan infrastruktur, energi.

Soal swasembada pangan, Teten mengingatkan, tidak mungkin dilakukan jika 52 persen saluran irigasinya rusak, jumlah lahan menyusut, dan ada masalah dalam subsidi bibir, serta waduk yang lama tidak dibangun.

“Ini yang kita beresi dulu,” kata Teten.

Namun demikian, Teten mengingatkan, bahwa tahun ini kita belum akan ‘panen’ karena kita baru ‘nyangkul’. Ia menyebutkan, tahun ini bukan tahun memanen tetapi tahun pembenahan.

Kepala Staf Presiden itu meyakini, bahwa hasil semua yang dilakukan pemerintah saat ini akan bisa dinikmati rakyat dalam 3-4 tahun ke depan, bukan sekarang.

(UN/ES)

Berita Terbaru