Presiden RRT Xi Jinping Sambut Presiden Jokowi Dengan Upacara Kenegaraan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 Maret 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 25.546 Kali
Presiden Jokowi didampingi Presiden RRT Xi Jinping memeriksa barisan pada upacara kenegaraan, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis (26/3)

Presiden Jokowi didampingi Presiden RRT Xi Jinping memeriksa barisan pada upacara kenegaraan, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis (26/3)

Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping memberikan kehormatan dengan upacara kenegaraan saat menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana, di Balai Agung Rakyat atau Great Hall of The People, di samping Lapangan Tiananmen, Beijing, Kamis (26/3) siang.

Presiden Xi Jinping dan istrinya Peng Liyuan menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di pintu utama gedung, kemudian berjalan bersama memasuki sebuah aula yang sangat besar untuk mengikuti upacara kenegaraan. Tampak di antara penyambutan Presiden Jokowi dan Ibu Negara ada puluhan anak yang mengibarkan bendera RRT dan bendera Merah Putih sambil melompat-lompat.

Bersejarah           

Presiden RRT Xi Jinping dalam sambutannya mengatakan gembira sekali bisa bertemu dengan Presiden Jokowi di Beijing, dan menghadiri Boao Asia Forum.

Puluhan anak-anak memegang bendera RI dan RRT berlompatan ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis (26/3)

Puluhan anak-anak memegang bendera RI dan RRT berlompatan ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis (26/3)

“Kunjungan Yang Mulia kali ini bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik di antara Tiongkok dengan Indonesia, dan mempunyai arti sejarah dan nyata yang sangat penting,” kata Jinping.

Presiden RRT itu mengajak Presiden Jokowi, untuk terus mendorong kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara, agar terus berkembang secara lebih sehat dan lancar.

Disampaikan Xi Jinping, Tiongkok dan Indonesia adalah negara terbesar populasi pertama dan keempat di dunia, dan negara yang sedang berkembang terbesar pertama dan ketiga di dunia. Kedua negara, lanjut Jinping, saling mengandalkan secara strategis, saling melengkapi secara ekonomi dan mempunyai kerjasama yang saling menguntungkan dengan potensi yang sangat besar.

“Kedua negara kita sudah membentuk mekanisme kerjasama dan dialog di banyak level, dan ada kerjasama pragmatis di segala bidang yang juga berkembang dengan sangat baik,” papar Jinping.

Dalam kesempatan itu, Presiden RRT Xi Jinping memuji perkembangan yang dicapai seusai Presiden Jokowi datang ke Beijing, November tahun lalu, guna menghadiri KTT APEC.

“Saya melihat dengan gembira bahwa dengan upaya kita bersama selama 4 bulan terakhir ini, kerjasama kita di segala bidang mencapai banyak kemajuan. Saya merasa puas atas kemajuan yang sangat positif yang tercapai oleh kedua negara kita. Saya juga yakin bahwa kunjungan Yang Mulia kali ini akan lebih lanjut mendorong kerjasama Indonesia dan Tiongkok terus berkembang di segala bidang,” ujar Jinping.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Indonesia berkomitmen untuk memperat persahabatan dan kerjasama dengan Tiongkok baik tingkat Bilateral, Regional maupun di tingkat Internasional.

“Tiongkok merupakan teman dekat Indonesia. Secara geografis, Indonesia dan Tiongkok letaknya dekat. Indonesia memiliki kekayaan alam dan Tiongkok memiliki pengetahuan, pengalaman di bidang infrastruktur sehingga hubungan kemitraan strategis yang komprehensif  adalah hubungan yang saling melengkapi satu dengan yang lain,” tutur Jokowi.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, dan Kepala BKPM Franky Sibarani. (Humas Setkab/SI/ES)

Berita Terbaru