Sail Karimata 2016: Peserta Dari Sintang Dominasi Juara Lomba Desain Tenun Khas Kalbar

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 12 Oktober 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 27.006 Kali

Tenun JuaraGuna menyemarakkan penyelenggaraan Sail Karimata 2016, yang puncaknya akan berlangsung di Kabupaten Kayong Utara, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah  menyelenggarakan Lomba Desain Tenun Khas Kalimantan Barat (Kalbar) berhadiah total Rp 12 juta.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Direktur IKM Mesin, Sandeng, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, Ir. Endang Suwartini M.Sc, tujuan diselenggarakan lomba Desain Tenun Khas Kalbar ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas perajin tenun, mempromosikan kain tenun khas Kalbar, dan melestarikan budaya dan sumber daya maritim Kalbar.

“Lomba Desain Tenun Khas Kalbar ini mengambil tema Kemaritiman,” jelas Endang dalam siaran persnya Rabu (12/10) pagi.

Lomba yang digelar sejak pertengahan September lalu dan diikuti oleh 19 perajin tenun dari Sintang, Sambas, Kapuas Hulu, dan Sangga itu menyediakan hadia uang tunai dengan total Rp 12 juta untuk juara I, II, dan III. Sementara juara harapan I, II, dan III, serta peserta Favorit berhak atas tropi.

Endang menjelaskan, dewan juri yang terdiri dari: 1. Edith Ratna Soerjosoejarso; 2. Wignyo Rahadi; dan 3. Uke Tugiman sudah menetapkan para pemenang lomba, yang didominasi peserta dari Kabupaten Sambas.

Berikut daftar pemenang Lomba Desain Tenun Khas Kalbar:

Juara Tenun

 

 

Menurut Plt Direktur IKM Mesin, Sandeng, Aneka dan Kerajinan Kemenperin itu hadiah untuk juara I pada lomba tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo pada puncak penyelenggaraan Sail Karimata 2016, yaitu pada 15 Oktober 2016, di Kabupaten Kayong Utara.

“Untuk juara II hadiah akan diserahkan oleh Menko Kemaritiman, dan juara III akan diserahkan oleh Dirjen IKM Kementerian Perindustrian,” jelas Endang.

(Humas Kemenperin/ES)

 

Berita Terbaru