Pembukaan Istana Berkebaya, di Depan Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, 6 Agustus 2023 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 Agustus 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 944 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Pembukaan Istana Berkebaya, 6 Agustus 2023

Ya kita ini kan ingin mengenalkan kembali, agar kita kembali kepada karakter dan kepribadian Indonesia. Karena sekali lagi, kebaya adalah karakter masyarakat Indonesia, wanita Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, yang bersahaja. Saya kira tadi nampak dalam Istana Berkebaya tadi.

Dan, saya kira ini terus harus dilakukan dengan gencar tidak hanya di Jakarta, tapi di daerah-daerah dengan kebaya masing-masing karena ada kebaya Encim, nanti ada kebaya gaya Sunda, gaya Jawa, gaya Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, semuanya ada kebaya.

Wartawan
Tadi kan banyak, Bapak kalau melihat kebaya-kebayanya itu sendiri bagaimana, Pak? Kekayaannya, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, saya melihat kalau ini terus ditampilkan seperti ini kreasi-kreasi yang baru, desain-desain yang baru, inovasi-inovasi yang baru akan muncul, akan muncul, akan muncul dengan warna yang berbeda, dengan desain yang berbeda, dengan ya.. ya warna-warni itu ya.. itulah Indonesia.

Wartawan
Untuk?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, ini makin inilah, kita ingin tidak hanya menteri, tidak hanya di [kantor] gubernuran, tapi masyarakat secara luas. Kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh event-event yang ada di Tanah Air.

Wartawan
Ada kewajiban gitu enggak intansi yang harus gunakan?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Apa-apa itu tidak harus dipaksa.

Keterangan Pers Terbaru