Presiden Jokowi: Sudah Waktunya Merombak Total Arsitektur Keuangan Global

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 16 November 2015
Kategori: Uncategorized
Dibaca: 8.946 Kali
Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan KTT G-20, di Antalya, Turki, Minggu (15/11) malam

Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan KTT G-20, di Antalya, Turki, Minggu (15/11) malam

Dalam Working Session I KTT G-20, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa sudah waktunya kita harus merombak total arsitektur keuangan global mengingat masalah utama yang dihadapi perekonomian dunia saat ini adalah menciutnya likuiditas mata uang dollar AS, di hampir semua negara berkembang atau emerging markets dunia.

Selain itu, sejak diciptakannya mata uang Euro  pada tahun 1999, tidak ada mata uang dunia atau global reserve currency  yang baru. Sehingga, menurut Presiden, ketergantungan yang tinggi terhadap mata uang dollar AS telah menyebabkan distorsi-distorsi global yang kini mengancam kemajuan ekonomi global.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa negara-negara berkembang harus segera mengimplementasikan reformasi-reformasi ekonomi yang fundamental.

“Reformasi perekonomian yang nyata sangat diperlukan untuk membangun kembali kredibilitas pasar serta merebut kembali kepercayaan investor dan pelaku ekonomi,” tegas Presiden Jokowi dalam working session yang digelar Minggu (15/11) siang waktu setempat itu.

Ia menyebutkan, reformasi ekonomi yang fundamental ini,  perlu diikuti likuiditas finansial yang kuat agar tidak mengalami gejolak karena terjadinya gangguan pada likuiditas. (EN/ES)

Uncategorized Terbaru