Mendarat di Kaltara, Presiden Jokowi Langsung Resmikan Bandara Juwata, Tarakan

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 Maret 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 43.695 Kali
Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Internasional Juwata, di Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (23/3) sore. (Foto: Jay/Humas)

Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Internasional Juwata, di Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (23/3) sore. (Foto: Jay/Humas)

Usai melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan di Entikong, Kalimantan Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan agenda kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Pesawat Kepresidenan RI yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan bertolak dari Bandara Udara (Bandara) Supadio, Pontianak sekitar pukul 13.00 WIB usai menyampaikan keterangan pers terkait pemanfaatan Blok Masela. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam, pesawat tersebut mendarat di Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan pukul 15.30 waktu setempat atau pukul 14.30 WIB.

Turun dari pesawat Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie. Presiden langsung meninjau maket dan panel data Bandara Internasional Juwata. Selanjutnya Presiden Jokowi menuju ke tempat peresmian bandara yang terdapat di provinsi termuda Indonesia ini.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya nyatakan terminal penumpang baru Bandar Udara Juwata Tarakan resmi dioperasikan,” kata Jokowi.

Bandara Internasional Juwata adalah bandar udara yang terletak di Kota Tarakan, provinsi Kaltara. Bandara ini terletak hanya sekitar 3,5 km dari pusat kota. Memiliki runway dengan panjang 2.250 meter, lebar 45 meter.

Bandara ini dapat didarati oleh pesawat berbadan sedang dari Boeing dan Airbus, juga ATR dan pesawat-pesawat kecil, seperti Caravan serta melayani penerbangan ke kota-kota diantaranya Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, juga ke kota-kota kecil, seperti Berau, Nunukan, Malinau, dan Tanjung Selor. Terminal seluas 12.440 m2 ini mampu menampung 3 juta penumpang dalam satu tahun.

Usai meresmikan Bandara Internasional Juwata, Presiden dan rombongan menuju Masjid Nur Iman, Kelurahan Karanganyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan untuk menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), KIS, KIP, Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia, dan Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat.

Hadir saat peresmian Bandara Juwata antara lain Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Menhub Ignasius Jonan, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie. (UN/ES)

Berita Terbaru