Agar Jadi Produsen Terbesar, Jokowi Anggarkan Rp 1,2 Triliun Untuk Rehabilitasi Kebun Kakao

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 41.590 Kali
Presiden Jokowi dalam kunjungannya di Mamuju, Sulbar, Kamis (6/11)

Presiden Jokowi dalam kunjungannya di Mamuju, Sulbar, Kamis (6/11)

Guna mendukung target menjadi produsen Kakao terbesar dunia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ia akan menganggarkan Rp1,2 triliun untuk rehabilitasi dan perbaikan kebun Kakao di Indonesia.

“Tiga sampai empat tahun ini kebutuhannya Rp1,2 triliun. Peremajaan dan rehabilitasi (kebun), dimulai tahun depan ini,” kata Presiden Jokowi  saat berdialog dengan para petani kakao di Saletto, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (6/11).

Kunjungan ke perkebunan Gerakan Nasional (Gernas) Kakao di dusun Limbongbassi, desa Saletto, Kecamatan Simboro itu merupakan rangkaian acara hari kedua kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo ke Sulsel, Sulbar, dan Sultra.

Sebelumnya, pada Kamis (6/11) pagi, Presiden Jokowi dan rombongan telah pengelolaan air irigasi di Desa Beru-beru, Kecamatan Kaluku, Kabupaten Mamuju. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menjanjikan  dalam 2 (dua) tahun mendatang masalah jaringan irigasi di desa tersebut akan selesai.

Sertifikan Perkebunan

Saat berdialog dengan para petani kakao di Saletto, Presiden Jokowi  juga meminta agar Menteri Agraria dan Tata Ruang segera membenahi sertifikasi perkebunan rakyat tersebut.

Presiden juga akan memanggil kalangan perbankan agar ikut serta dalam pembiayaan kredit bagi perkebunan Kakao.

Presiden berjanji akan mendorong industri kakao berinvestasi di pusat-pusat porduksi agar memberikan nilai tambah. Dia menargetkan, dalam tiga tahun ini, Indonesia dapat menjadi produsen Kakao terbesar.

“Kita harapakan dalam tiga tahun bisa nomer satu di atas Pantai Gading dan Ghana. Petani juga harus kerja keras,” kata Presiden.

Dalam kunjungan di Saletto itu, Presiden Jokowi juga memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolik kepada sejumlah warga.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dalam kunjungan kali ini yaitu Mensesneg Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh. (Humas Setkab/Kun/ES)

Berita Terbaru