Ajak PM Turnbull Ke Tanah Abang, Presiden Jokowi: Masyarakat Tahu Indonesia – Australia Dekat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 November 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 26.494 Kali
PM Australia melakukan selfie dengan Presiden Jokowi dan masyarakat, di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/11)

PM Australia melakukan selfie dengan Presiden Jokowi dan masyarakat, di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/11). Foto: Rusman/Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat kejutan bagi tamunya Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull yang sedang berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/11). Tanpa diduga seusai  menyelesaikan acara di Istana Merdeka, siang itu, Presiden Jokowi tiba-tiba mengajak PM Australia yang baru dilantik itu untuk mengunjungi pusat grosir tekstil di  Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sekitar pukul 14.40 WIB, dengan tujuan mengenalkan konsep pasar rakyat.

“Mengenalkan pada masyarakat, Perdana Menteri Australia sehingga masyarakat tahu betapa Indonesia dengan Australia dekat, sehingga masyarakat tahu. Itu saja,” kata Presiden Jokowi yang didampingi PM Australia Malcolm Turnbull, di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/11) siang.

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, tujuan dirinya mengajak Turnbull ke Pasar Tanah Abang adalah untuk
menunjukkan kepada Perdana Menteri inilah pasar rakyat, Pasar Tanahabang yang terbesar di Indonesia dan di Asia (Tenggara).

Saat memberikan keterangan kepada wartawan Presiden Jokowi yang tampak kegerahan karena udara yang panas melepaskan jas dan dasi yang dikenakannya. Tindakan ini langsung diikuti oleh PM Australia Malcolm Turnbull, yang juga melepas jas dan dasinya.

Paling Menarik

PM Australia Malcolm Turnbull mengakui telah melewati pertemuan yang luar biasa dengan Presiden Jokowi guna membicarakan tentang kesempatan kerja, infrastruktur, dan investasi.

Menurut Turnbull, kedua pihak percaya saat ini waktu yang paling menarik dalam sejarah perjalanan manusia.

“Kita tidak pernah melihat pertumbuhan yang begitu pesat, perubahan ekonomi yang begitu pesat, dan kecepatan teknologi yang pesat,” kata Turnbull yang mengaku tertarik pada prospek kerja sama dua negara dalam membangun perekonomian.

PM Turnbull juga menyampaikan kegembiraaannya melihat masa depan hubungan kedua negara, terutama di bidang ekonomi akan meningkat pesat. “Jadi pertemuan kami ini memberikan kekuatan bau dalam kerjasama kedua negara. Australia dan Indonesia akan menjadi bangsa yang besar. Benar-benar hari yang indah,” ucap PM Turnbull.

Diakui Turnbull, jika udara di Pasar Tanah Abang lebih panas dari biasanya. Tapi ia mengingatkan para wartawan, bahwa kunjungan ini sangat istimewa, sehingga suhu udara yang memang hangat namun keramahan masyarakat kepada Presiden jauh lebih hangat.

(*/ES)

Berita Terbaru