Akhiri Kunjungan Di Papua, Presiden Jokowi Bagikan KIS, KIP, KKS Kepada Warga Manokwari

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Mei 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 32.723 Kali
Presiden Jokowi mengakhiri kunjungannya ke tanah Papua dengan membagikan KIS, KKS, dan KIP kepada warga Manokwari, Papua Barat, Senin (11/5) pagi

Presiden Jokowi mengakhiri kunjungannya ke tanah Papua dengan membagikan KIS, KKS, dan KIP kepada warga Manokwari, Papua Barat, Senin (11/5) pagi

Pada hari terakhir kunjungan kerjanya ke Papua dan Papua Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana berkesempatan menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kartu Asistensi Sosial (KAS) untuk penyandang disabilitas.

Penyaluran Kartu itu dilakukan dilakukan di Kelurahan Padarni, Manokwari, Papua Barat pada Senin (11/5) pagi. Adapun rincian penerima KKS adalah 887 Kepala Keluarga, KIS diserahkan kepada 2.232 jiwa, KIP untuk 1.070 anak sekolah, dan KAS diserahkan kepada 52 jiwa.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menghimbau agar penerima KIS berobat ke Puskesmas jika mengalami sakit ringan. “Kalau berat baru dirujuk ke rumah sakit,” tuturnya.

Presiden Jokowi menjelaskan penerima KIP untuk anak SD setiap tahun mendapatkan bantuan sebeaar Rp 450 ribu. Sedangkan SMP sebesar Rp 750 ribu, dan SMA/SMK sebesar  Rp 1 juta.

“Dengan itu jangan ada yang tidak sekolah karena sudah diberikan bantuan KIS,” pinta Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga membagikan hadiah berupa sepeda kepada beberapa warga yang berhasil menjawab pertanyaan spontan darinya. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain, warga diminta menyebutkan 5 jenis tanaman, menyebutkan 5 nama binatang.

Pertanyaan selanjutnya “Siapa nama saya?,” tanya Presiden kepada seorang ibu. “Joko Wiwidodo,” jawab ibu tersebut. Walaupun salah menyebutkan namanya, Presiden Jokowi tetap memberikan sepeda kepada ibu tersebut.

Mendampingi Presiden dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Tedji Edhi Purdijatno, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi.

(Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru